Bupati Serdangbedagai [Sergai], Soekirman [kiri]

Makkah-Intainews.com:Bertempat di Mushala Hotel Al Rehab Mohabbah lantai 3 maktab 117, kota Makkah, HUT RI ke-74 diperingati dengan sederhana oleh jamaah haji usai melaksanakan shalat subuh berjamaah. Bertindak sebagai imam Abd Rahman Jamaah asal Kota Medan.

Demikian dikemukakan Ketua TPHD Kabupaten Serdangbedagai [Sergai], Sumatera Utara yang tergabung dalam kloter 7 embarkasi Medan Ir H Soekirman kepada Kadis Komunikasi dan Informatika [Kominfo] Drs H Akmal, M.Si melalui WhatsApp langsung dari Makkah, Arab Saudi, Sabtu 17 Agustus 2019.

Lebih lanjut dilaporkan Soekirman, yang juga Bupati Sergai, peringatan HUT ke-74 RI di Makkah ini dengan agenda mendengarkan pembacaan detik-detik Proklamasi yang dikoordinasi oleh TPIHI kloter 7 MES Drs H Sarifuddin Daulay.

Kemudian hening cipta dipimpin oleh Ketua TPHD Sergai H Soekirman, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta ditutup dengan doa oleh H Jairan, S.Sos.I. Turut hadir dalam peringatan detik-detik proklamasi tersebut, Ketua Kloter H Syarif Husin, TKHI H Amir B siregar, H Sugiarto, H Hendri Suharto, H Zoel Lubis, dan ratusan para jamaah haji pria dan wanita.

Usai mmemperingati HUT RI ke-74 di Makkah foto bersama

“Acara tersebut sebenarnya spontan, mengingat di Kota Makkah peringatan HUT RI baru dilakukan bersamaan masuk anak sekolah yaitu 25 Agustus 2019. Menurut keterangan H Ubaedillah, atase Kebudayaan Kedubes RI peringatan HUT RI bersamaan dengan di Indonesia hanya dilakukan di wisma Indonesia,” kata Soekirman.

Singkat dan hikmad dalam doa, H Jairan melantunkan doa yang intinya memohon kepada Allah Swt agar para syuhada kemerdekaan, siapapun mereka, tercatat atau tidak, kiranya diterima Allah disisiNya. Dan jadikanlah keberagaman bangsa Indonesia menjadi rahmat, kekuatan dalam membangun manusia Indonesia yang unggul dan penuh toleransi. Bersatu dalam keberagaman dan beragam dalam persatuan.

Usai acara doa, para jamaah bersalam-salaman dan foto bersama dengan bendera merah putih. Sarapan pagi bersama sambil mendengar irama lagu-lagu perjuangan Satu Nusa, Rayuan Pulau Kelapa, Padamu Negeri, pekik merdeka! Berkumandang di pagi subuh itu bersamaan dengan upacara di tanah air. Demikian dilaporkan dari Makkah al Mukkaramah Soekirman, Ketua TPHD Sergai kloter 7 MES. *Inc-14