Anak-anak melambaikan tangan dekat tenda pengungsian mereka yang kebanjiran di Kamp Cordoba, Batabu, Idlib, Suriah. Foto Istimewa

“Kondisi Idlib, Suriah selama Ramadan sangat mengenaskan. Dibombardir roket rezim Assad dan Rusia siang dan malam.”

Cordoba-Intainews.com:Anak-anak di Suriah mengirimkan salam untuk umat muslim yang ada di Provinsi Aceh. Salam diberikan sebagai bentuk terima kasih atas bantuan kemanusiaan dari provinsi Serambi Makkah itu.

Salam anak-anak diisampaikan melalui unggahan di media sosial. Beredar luas foto anak-anak tersebut tengah memegang kertas Houtvrij Schrijfpapier atau HVS berisi berbagai ucapan untuk umat Islam di Aceh. “Salam dari bumi Suriah untuk kaum muslimin di bumi Serambi Makkah,” salah satunya. “Selamat berpuasa untuk ayah dan bunda di Atjeh (Aceh),” lainnya.

Informasi dihimpun Intainews.com, Senin 20 Mei 2019, menurut aktivis kemanusiaan untuk Suriah yang berasal dari Aceh, Fazel J. Haitamy, anak-anak tersebut mengungsi di Kafarouma, Idlib, kota yang terletak di barat laut negara tersebut.

Banyak di antara mereka yang menjadi yatim, karena orangtuanya tewas dalam perang. “Salah satu namanya Fatimah. Mereka mengirim salam untuk berterima kasih dan mengingatkan kaum Muslimin Aceh tentang kondisi mereka,” ujar Fazel saat dihubungi Liputan 6.com, Sabtu malam, 18 Mei 2019.

Fazel mengatakan bahwa ofensif militer Suriah bersama sekutunya, Rusia, mengeskalasi sejak April. Korban tewas sejak 2011 mencapai 370 orang, dan menyebabkan jutaan orang mengungsi. “Kondisi Idlib selama Ramadan sangat mengenaskan. Dibombardir roket rezim Assad dan Rusia siang dan malam,” ungkapnya. *Inc-09