Ilustrasi Yeti. Foto Istimewa:

India-Intainews.com:Kemunculan Yeti, raksasa mirip kera asal Himalaya, kembali muncul. Kali ini, pihak militer India yang mengklaim telah melihat monster berbulu ini.

Pihak militer India mengklaim menemukan jejak kaki Yeti di dekat Makalu Base Camp yang terletak di perbatasan antara Nepal dan China. Mereka bahkan mengunggah gambar jejak kaki itu di akun Twitter resminya.

“Untuk pertama kalinya, #IndianArmy Mountaineering Expedition Team melihat jejak kaki dari raksasa ‘Yeti’ berukuran 32 x 15 inci di dekat Makalu Base Camp pada 9 April 2019,” cuit akun Additional Directorate General of Public Information (ADG PI) – Indian Army.

Sebelumnya, manusia salju hanya pernah terlihat di Makalu-Barun National Park. Klaim luar biasa, seperti ini, memerlukan bukti yang luar biasa pula. Pada kasus Yeti, belum pernah ada bukti ilmiah yang menandakan keberadaannya.

Meski begitu, para peneliti tidak berhenti mempelajari kisah misterius ini. Pada 2014, para peneliti mempelajari DNA dari sampel seekor beruang yang sebelumnya diduga sebagai Yeti.

Ternyata hasil penelitian menunjukkan sampel itu berasal dari beruang misterius yang genetiknya masih berdekatan dengan nenek moyang beruang kutub.

Sementara ada juga sebuah barang bukti yang disebut sebagai tangan Yeti yang diberi nama Pangboche Hand. Tapi pada 2011, suatu penelitian DNA atas tangan itu mengungkap bahwa itu adalah tangan manusia. Apakah Yeti benar-benar ada masih misterius.