Tobasa-Intainews.com:Kepolisian Resort [Polres] Kabupaten Toba Samosir [Tobasa], Sumatera Utara, baru baru ini berhasil mengamankan 3 orang diduga pelaku tindak kriminal dengan dua modus yang berbeda di wilayah hukum Polres Tobasa. Demikian disampaikan Kapolres Tobasa, AKBP Agus Waluyo SIK kepada wartawan Selasa 8 Oktober 2019 [foto].

Disebutkannya, ada dua tindakan kriminal berhasil diungkap, yakni tindak pidana pencurian dua tersangka LH, warga Kecamatan Uluan, Tobasa dan LS, [perempuan], warga Hatonduhan Kabupaten Simalungun.

Modus operandinya, papar Waluyo, LH masuk ke dalam rumah milik Ardin Hasibuan saat rumah tertutup dan kosong. LH masuk dan membongkar isi kamar mengambil emas seberat 25 gram. LH ditemani LS, menjual emas itu menikmati uang hasil pencurian tersebut.

Akibat perbuatannya, masih kata Waluyo, LH dijerat dengan pasal 363 KUHPidana dengan ancaman 7 tahun penjara, sedang LS dijerat pasal 480 KUHPidana dengan ancaman 4 tahun penjara.

Sementara kasus satu lagi, lanjut Kapolres, tindak pidana pencurian dengan kekerasan dilakukan WDS,35 [perempuan] warga Pematangsiantar bersama 5 rekannya dan satu masih buron.

Modusnya, DWS bersama 5 rekannya mengaku petugas leasing dan mengambil sepeda motor milik korban Eko Purwanto Panjaitan secara paksa hingga melukai korban serta istrinya, Marselina Simanjuntak.

Dari perbuatannya, WDS dijerat dengan pasal 365 KUHPidana dengan ancaman hukuman penjara maksimal 9 tahun. Sedangkan ke lima lainnya masih buron.*Inc-15.