Wakil Ketua KPK Laode M Syarif. Foto Istimewa

Jakarta-Intainews.com:Tim penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi [KPK] menggelar operasi tangkap tangan, Minggu 6 Oktober 2019. KPK menangkap 4 orang dalam operasi tangkap tangan [OTT] yang digelar di Lampung.

“KPK mengamankan total 4 orang sejak sore hingga malam, yaitu Bupati, 2 Kepala Dinas dan 1 orang perantara,” kata Wakil Ketua KPK Laode M Syarif dalam keterangan tertulis, Minggu 6 Oktober 2019 malam. Syarif mengatakan, penindakan berawal dari info masyarakat di lapangan.

Kemudian, KPK menduga ada penyerahan uang yang diperuntukkan pada Kepala Daerah setempat. sebagaimana dilansir kantor berita Antara, pihak yang ditangkap dalam OTT adalah Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara. Sementara itu, Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan mengatakan, KPK menyita uang setidaknya Rp200 juta sebagai bukti OTT.

Mereka menduga penyerahan uang berkaitan proyek di salah satu dinas daerah Lampung Utara “Barang bukti uang yang diamankan sekitar Rp 200 juta. Diduga terkait proyek di Dinas PU atau Koperindag di Kabupaten Lampung Utara. Untuk pengamanan awal, tim telah menyegel sejumlah benda dan lokasi,” kata Basaria.

Basaria mengatakan, KPK akan memproses lebih lanjut pihak-pihak yang diamankan tersebut. KPK akan menentukan status hukum perkara dan orang-orang yang diamankan dalam 1×24 jam.

“Direncanakan pihak yang diperlukan akan dibawa besok [hari ini] ke Jakarta. Informasi lebih lanjut tentang penanganan perkara ini akan disampaikan melalui konferensi pers di KPK Senin,” kata Basaria. Transaksi diduga terkait proyek di Dinas PU atau Koperindag di Kabupaten Lampung Utara.