Ilustrasi.Istimewa

Medan-Intainews.com:Hilangnya uang senilai Rp1,6 miliar di dalam mobil di parkiran Kantor Gubernur Sumatera, Senin [9/9/2019] sore menjadi berita nasional, disiarkan media lokal dan nasional. Uang itu disebutkan baru saja diambil dari Bank Sumut Kantor Cabang Utama di Medan.

Pengambilan uang tersebut dibenarkan Seketaris Perusahan Bank Sumut Syahdan Ridwan Siregar, kepada Intainews.com, Rabu 11 September 2019 melalui telepon selulernya. “Untuk apa kegunaan uang tersebut kita tidak tahu, karena memang Pemprovsu adalah nasabah Bank Sumut,” jelas Syahdan.

Selanjutnya dia menyebut tidak tahu, apakah pihak pegawai Pemprovsu membawa pengawal atau tidak, setelah ambil uang dari Bank Sumut. Namun, ungkapnya, sebagai standar pengamanan, pihak Bank Sumut tetap menawarkan pengawalan apabila mengambil uang dengan jumlah banyak [besar].

Terkait raibnya uang di mobil yang ditinggal absen dan shalat, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah [BPKAD]Provinsi Sumatera Utara Raja Indra Saleh mengatakan uang yang hilang itu akan digunakan untuk membayar honor.

“Uang untuk honor kegiatan Tim Anggaran Pemerintah Daerah [TAPD],” ungkap Raja pada wartawan. Hilangnya uang tersebut, tukasnya, sudah melaporkan ke Gubernur Edy Rahmayadi. Selain itu, Raja juga sudah melapor ke polisi.

“Kami sudah lapor ke pimpinan, Ibu Sekda, Pak Gubernur. Kami sudah lapor, Saudara Muhammad Aldi Budianto sudah lapor langsung ke kepolisian,” sebutnya. Seterusnya proses diserahkan ke kepolisian.

Awalnya, sekitar pukul 14.00 WIB, Pembantu PPTK Muhammad Aldi Budianto bersama tenaga honorer BPKAD Indrawan Ginting sampai di Bank Sumut Cabang Utama, Jalan Imam Bonjol, Medan.

Sekitar pukul 14.47 WIB keduanya melakukan penarikan uang tunai sebesar Rp1.672.985.500. Kemudian pukul 15.40 WIB, keduanya sampai di Kantor Gubernur Sumut. “Setelah sempat berputar sekali, keduanya parkir di pelataran parkir Kantor Gubernur,” tutur Ikhsan.

Selanjutnya kedua orang itu langsung masuk ke Gedung Kantor Gubernur Sumut untuk shalat dan absen pulang sekitar pukul 17.00 WIB. Namun, saat Indrawan Ginting hendak pulang, ternyata uang sudah tidak ada lagi di mobil. *Inc-03