Inneke Koesherawati .Foto Istimewa

Jakarta-Intainews.com:Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencecar aktris Inneke Koesherawati soal aktivitas PT Merial Esa dalam kasus suap pengesahan anggaran proyek satelit monitoring di Badan Keamanan Laut (Bakamla). Inneke diperiksa sebagai saksi untuk tersangka perusahaan milik suaminya terpidana Fahmi Darmawansyah

“Penyidik mendalami pengetahuan saksi terkait dengan apa yang ia ketahui tentang aktivitas perusahaan terkait dengan perkara ini,” kata Febri di Gedung KPK, Jakarta, Senin 8 Juli 2019. Inneke ditengarai mengetahui ihwal kebijakan-kebijakan PT Merial Esa merupakan milik suaminya, Fahmi.

KPK menetapkan PT Merial Esa (PT ME) sebagai tersangka kasus suap pengurusan anggaran Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) untuk proyek pengadaan satelit monitoring dan drone. PT ME sendiri merupakan korporasi kelima yang ditetapkan KPK sebagai tersangka.

Dalam kesaksiannya, Inneke menyatakan,”Saya hanya ibu rumah tangga enggak mengerti hukum, jadi saya mengikuti karena karakter suami saya baik.” Karena kesaksian Inneke juga, majelis hakim pengadilan Tipikor Bandung kemudian menjatuhkan vonis 3,5 tahun penjara kepada Fahmi pada Maret 2019.

“Diperiksa sebagai saksi, didalami pengetahuan yang bersangkutan terkait aktivitas perusahaan yang terafiliasi dalam perkara ini,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Senin [8/7] kemarin. “Karena kasus ini adalah kasus dengan tersangka korporasi tentu kami fokus pada apa saja yang di ketahui atau apa saja yang dilakukan terkait dengan aktivitas perusahaan,” tukas Febri. *Inc-17