Eggi Sujana in-action. Foto istimewa

Jakarta-Intainews.com:Penyidik Polda Metro Jaya sudah menetapkan Eggi Sudjana sebagai tersangka makar atas seruan people power. Eggi tidak terima dengan penetapan tersebut, Diapun melakukan upaya hukum dengan mengajukan praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

“Atas penetapan tersangka oleh Penyidik Polda Metro Jaya, klien kami akan mengajukan gugatan Praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan hari ini,” ujar pengacara Eggi, Pitra Romadoni Nasution, kepada wartawan Jumat 10 Mei 2019.

Pihaknya mengundang rekan-rekan media untuk menghadiri Konferensi Pers yang akan digelar di pengadilan negeri Jakarta Selatan. Eggi dtetapkan sebagai tersangka, sebagaimana tertuang dalam Pasal 107 KUHP dan atau pasal 110 KUHP jo Pasal 87 KUHP dan atau Pasal 14 ayat (1) dan ayat (2) dan atau Pasal 15 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana.

Sebelumnya Eggi dilaporkan oleh relawan Jokowi-Ma’ruf Center pada 19 April 2019 di Bareskrim Polri. Eggi dilaporkan atas tuduhan penghasutan melalui rekaman video terkait ajakan people power.

Polisi mengaku telah mengantongi barang bukti yang cukup untuk menetapkan Eggi Sudjana jadi tersangka. Barang bukti tersebut berupa berita media online, video orasi, hingga keterangan sejumlah saksi ahli.

“Tersangka itu sesuai dengan aturan ada bukti permulaan seperti keterangan saksi, empat keterangan ahli, petunjuk, dan barang bukti yang disampaikan seperti video dan pemberitaan-pemberitaan di media online,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono.

Kuasa hukum Eggi, Pitra Romadoni, mengatakan, surat pemanggilan tersebut sudah diterima kliennya pada Rabu (8/5) malam. Ia memastikan Eggi akan datang saat pemeriksaan. *Inc-17-rpo