Gunungsitoli-Intainews.com:Polisi Resor Nias, Sumatera Utara melakukan penyelidikan penyebab kantor camat Gunungsitoli dan logistik pemilihan umum yang ada di kantor camat Gunungsitoli terbakar, Sabtu 4 Mei 2019 (foto).

Tim laboratorium dan forensik Polisi Daerah Sumatera Utara didatangkan untuk memastikan asal api yang membakar kantor camat Gunungsitoli dan logistik pemilu. Kapolres Nias AKBP Deni Kurniawan, S.Ik, MH yang ditemui di lokasi kebakaran, Sabtu, mmeberitahu jika kedatangan tim labfor untuk menyelidikinpenyebab kebakaran dan dari mana asal api.

“Hingga saat ini kita belum bisa memastikan penyebab kantor camat Gunungsitoli dan logistik pemilu terbakar, sehingga kita mendatangkan tim labfor Polda Sumut,” terang.  Dari Kapolres Nias diketahui, api mulai membesar sekitar pukul 03.40 wib, sehingga petugas jaga menghubungi pemadam kebakaran begitu tahu kantor camat Gunungsitoli terbakar.

“Personil kita sempat menyelamatkan diri dan membawa serta formulir DA A1 dan satu unit laptop milik Petugas Penyelenggara Kecamatan,” ungkapnya. Menurut dia, tidak ada korban jiwa atau luka atas insiden tersebut, tetapi ratusan kotak suara dan logistik pemilu serta dokumen yangbada di kantor camat Gunungsitoli ikut terbakar.

Dia juga belum bisa memastikan apakah terbakarnya ka tor camat Gunungsitoli akibat unsur kesengajaan atau sebab lainnya, karena masih dalam tahap penyelidikan. “Soal isu ada yang lempar bom molotov sehingga kantor camat Gunungsitoli terbakar masih dalam penyelidikan kita,” terangnya.

Camat Gunungsitoli Eko Zebua yang ditemui di tempat yang sama mengatakan jika bangunan kantor camat hampir 80 persen terbakar, dan dia menunggu petunjuk pimpinan dimana pelayanan akan dipindahkan.

“Sementara waktu kita akan tetap melakukan pelayanan di kantor camat sampai ada petunjuk pimpinan dimana akan dipindahkan,” jelasnya. Dia juga mengungkapkan jika akibat kebakaran sejumlah dokumen penting ikut terbakar dan dalam waktu dekatbakan membuat laporan di Polres Nias.Inc12