Suasana di Pusong. Foto Istimewa

Lhokseumawe-Intainews.com:Massa di kawasan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pusong, Lhokseumawe, Aceh menggeruduk Pos TNI AL Pusong. Eksesnya, pemungutan suara Pemilu di TPS yang hanya jaraknya 50 meter dari lokasi kejadian terpaksa disetop dulu karena kondisi keamanan belum stabil.

“Setelah KIP berkoordinasi dengan kita, Pemungutan suara diberhentikan sementara. Dan akan dilanjutkan pagi hari ini (Kamis-red),” kata Ketua Panwaslih/Panwaslu Kota Lhokseumawe T Zulkarnain kepada wartawan, Kamis 18 April 2019.

Penyelenggara sedang melakukan aktivitas pemungutan suara. Namun, tiba-tiba letusan senjata merentet ke udara. Personel gabungan yang tiba, menembak ke udara untuk memukul mundur massa yang sudah penuh di halaman pos tersebut.
Dengan kondisi rentetan peluru petugas ditambah sorakan massa, mereka yang berada di TPS kocar-kacir karena ketakutan. Akhirnya, pemungutan suara pun ditunda hingga Kamis (18/4) pagi.

“Pertimbangannya psikologis karena lokasi objek peristiwa tersebut sangat dekat dengan TPS di Pusong. Soalnya, TPS pun ada 13 buah di lokasi dekat dengan TPI tersebut,” kata Zulkarnain soal penundaan penghitungan suara ini. *dtc