Tapsel-Intainews.com:Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) yang di wakili Sekdakab Tapsel Drs Parulian Nasution, MM membuka Sosialisasi Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM), diselenggarakan bagian Hukum Sekretariat Tapsel tahun 2019 (foto), di aula hotel Sitamiang, Padangsidimpuan, Sumatera Utara (Sumut).

Sosialisasi RANHAM diikuti lebih kurang 80 orang ASN di lingkungan Pemkab Tapsel Kamis 11 hingga Jumat 12 April 2019 dengan narasumber Jonson Siagian, SH, MH (Kepala Bidang HAM) dan Desni Prianty EFF, SH, M.Hum (Kepala Sub Bidang Pemajuan HAM) dari Kanwil HAM Sumut.

Bupati Tapsel yang diwakili Sekda Tapsel Drs Parulian Nasution, MM saat membuka sosialisasi mengapresiasi peran aktif Pemkab Tapsel dalam mensosialisasikan RANHAM. Sosialisasi ini agar diikuti dengan baik oleh para peserta dari awal hingga akhir.

Diharapkan Bupati, Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Tapsel dapat menginformasikan kepada masyarakat serta semua pihak agar bisa meningkatkan pemahaman atau wawasan tentang HAM yang sifatnya universal.

“Hak-hak kebutuhan dasar seperti sandang, pangan dan papan diantaranya kesehatan, pendidikan, hak perempuan dan anak, kependudukan, rumah layak tinggal, beragama, berpolitik, ekonomi dan pekerjaan dan lainnya,” tutur Parulian Nasaution.

Sehingga tambahnya, dapat mewujudkan penghormatan, pemenuhan, hak-hak dasar manusia. Apalagi Tapsel juga sudah mendapat penghargaan Menteri Kemenkumham atas keberhasilan dalam mengelola HAM di Tapsel.

Ketua Pelaksana Moch Said Nasution, SH, yang juga menjabat Plt Kabag Hukum Pemkab Tapsel, dalam laporannya menyebutkan maksud dan tujuan kegiatan sosialisasi untuk menyebarluaskan informasi dalam meningkatkan pemahaman HAM, sebagaimana Peraturan Presiden Nomor 75 Tahun 2015 tentang RANHAM 2015 -2019. * Inc-19-16