Aceh-Intainews.com:Ibu muda berinisial SY (22) di Kota Langsa, Aceh, terancam hukuman mati lantaran menghabisi nyawa anak kandungnya yang berumur satu tahun. Polisi menganggap SY (foto) telah memiliki niat melakukan pembunuhan berencana kepada sang anak yang masih berumur setahun itu.

Kapolres Langsa, AKBP Andy Hermawan menyebutkan, pelaku dijerat dengan Pasal 340 Jo Pasal 338 KUHPidana, Pasal 80 Ayat (3), Ayat (4) Undang-undang Nomor 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. “Akibat perbuatannya yang melakukan pembunuhan berencana.

Tersangka terancam pidana mati atau pidana penjara seumur hidup atau selama waktu tertentu penjara selama 20 tahun,” kata Andy kepada wartawan, Kamis 28 Maret 2019. SY membunuh anak semata wayangnya itu dengan cara memasukkan ke dalam bak kamar mandi hingga tenggelam.

Kejadian itu terjadi pada Rabu 27 Maret 2010 di rumahnya di Dusun Rukun Gampong Blang, Langsa Aceh. Pembunuhan itu dipicu kekesalan SY terhadap suaminya yang disebut sudah lama tidak menafkahinya.

“Rasa kesal hingga berujung kepada tindak kekerasan itu muncul saat pelaku sedang memandikan korban. Pelaku melempar anaknya ke dalam bak mandi lalu membiarkan korban tenggelam selama 30 menit,” ujar Andy.

SY juga sempat membawa korban ke RSUD Langsa. Namun, polisi mencurigai adanya kejanggalan pada kematian korban. “Setelah dilakukan penyelidikan Tim Unit Inafis Polres Langsa menemukan kejanggalan terhadap kematian korban. Usai dilakukan pemeriksaan, diketahui kematian korban dibunuh oleh ibu kandungnya sendiri,” ujar Andy. *kpn