Ilustrasi. Istimewa

Jakarta-Intainews.com:Lagi tim satuan tugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan seorang anggota DPR RI, Kamis 28 Maret 2019 dini hari. Anggota DPR yang dimaksud diduga Bowo Sidik Pangarso, anggota Komisi VI DPR dari Fraksi Golkar.

Penangkapan Bowo Pangarso disinyalir terkait rangkaian operasi tangkap tangan (OTT) dugaan suap pengiriman pupuk. “Dini hari tadi, KPK mengamankan 1 orang anggota DPR RI,” ujar juru bicara KPK Febri Diansyah.

Saat ini, jelas Febri, Bowo Pangarso sudah dibawa ke Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan. Kini sedang proses pemeriksaan lebih lanjut di Gedung KPK.Dalam OTT  Rabu (17/3) malam, KPK mengamankan setidaknya 7 orang yang diduga terlibat dalam transaksi suap ini. Salah satunya, direksi PT Pupuk Indonesia.

“Dengan demikian, sampai Kamis pagi 8 orang diamankan dalam OTT di Jakarta sejak Rabu sore. Selain mengamankan 8 orang, penyidik turut mengamankan uang yang terdiri dari pecahan mata uang rupiah dan dolar Amerika Serikat. KPK menduga uang itu terkait dugaan suap distribusi pupuk menggunakan kapal.

Pada pukul 23.00 WIB, petugas terlihat membawa satu orang pria dan wanita yang kemudian dimasukkan ke dalam mobil Alphard hitam. Belum diketahui identitas mereka yang diamankan. Kegiatan ini dikawal sejumlah petugas kepolisian.

“Alphard menjadi salah satu barang bukti awal, juga kami amankan driver yang membawa mobil tersebut. Yang pasti ada kebutuhan distribusi pupuk dari salah satu BUMN yang memproduksi dan mengelola pupuk menggunakan kapal pihak swasta. Diduga transaksi yang terkait dengan itu, urai Febri Diansyah. *kpn