Saat penandatangan zona Integritas

Sergai-Intainews.com:Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani serta Peresmian Pelayanan Terpadu Satu Pintu padapengadilan negeri (PN) Sei Rampah, sejak beroperasi berkomitmen penuh menuju wilayah bebas Korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM).

Sehingga diharapkan PN Sei Rampah dapat turut serta dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih dan bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN), serta dapat mewujudkan peningkatan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat. Demikian dikatakan Ketua PN Sei Rampah Delta Tamtama, di Kantor PN Sei Rampah Kelas II, Se Rampah, Sergai Rabu 6 Maret 2019.

Pembangunan WBK dan BBM ini merupakan bentuk nyata dari Dirjen Badan Peradilan Umum guna meningkatkan integritas, performa aparat Pengadilan serta pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan dalam mewujudkan Badan Peradilan yang Agung (Court of Excellenge) dapat tercapai sesuai visi Mahkamah Agung RI sesuai blue print Pembaruan Peradilan Indonesia 2010-2035.

“Hari ini kami juga meresmikan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) PN Sei Rampah guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan khususnya di wilayah hukum Kabupaten Sergai dalam untuk mewujudkan pelayanan cepat, mudah, transparan, terukur, dan terjangkau, jelas Delta Tama.

Ditambahkannya, PN Sei Rampah mengedepankan pelayanan berbasis aplikasi dan teknologi informasi (TI) seperti website dan aplikasi Sistem Penelusuran Perkara (SIPP) yang diproyeksikan oleh Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia. Ini diproyeksikan sebagai Register Elektronik pengganti Register Manual yang di dalamnya memuat informasi-informasi yang dibutuhkan masyarakat pencari keadilan.

Bupati Sergai H Soekirman dalam sambutannya menyebutkan, luar biasa kehadiran dan manfaat dari hadirnya PN Sei Rampah ini. “Namun di samping itu ada hal yang membuat saya resah dan belum lengkap rasanya jika kita belum memiliki Lembaga Pemasyarakatan (LP). Menjadi permasalahan terbesar adalah keterbatasan lahan guna membangun apa yang kita inginkan, “ungkapnya.

Soekirman berharap, PN Sei Rampah dengan keadaan yang penuh keterbatasannya dapat selalu menjaga semangat dan komitmen pada era perubahan saat ini seperti telah masuk kedalam era 4.0 dengan penggunaan teknologi informasi baik berupa aplikasi maupun website, karena bagaimanapun kita harus mengikuti perkembangan zaman.

Pada kesempatan ini Bupati Soekirman mengapresiasi peresmian Pelayanan Terpadu Satu Pintu PN Sei Rampah sebagai sarana melayani masyarakat dan memberikan informasi seluas-luasnya kepada masyarakat pencari keadilan serta memberikan kemudahan bagi pihak yang berperkara.

Hadir pada acara peresmian ini, Ketua PA Sei Rampah Munir,Kepala Lapas Tebingtinggi Theo Adrianus, Kepala BNN Sergai M Adlin Tambunan, Ketua LBH dan Perlindungan Hukum Persada Cabang Sei Rampah Saiful Ihsan SH, dan Wakil Ketua PN Sei Rampah Rio Barten beserta jajaran serta tokoh masyarakat. *Inc-14