Kisaran-Intainews.com:Polres Asahan dan Forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) Kabupaten Asahan melakukan pemusnahan barang bukti 20 kg ganja dan 11 bungkus narkotika jenis sabu di halaman Mapolres Asahan, Sumatera Utara, Rabu 30 Januari 2019 (foto).

Barang bukti 20 kg ganja tak bertuan itu ditemukan Dika dan istrinya di Desa Hessa Parlompongan Kecamatan Air Batu, Sabtu (8/12/2018). Sementara Barang bukti sabu ditangkap bersama 2 orang tersangka Bahtera Sembiring (41) dan Rinalta Sembiring keduanya warga Kabupaten Deliserdang.

Kedua tersangka ditangkap didusun VIII Perkebunan PTPN IV Ajamu desa Teluk Sentosa Kecamatan Panai Hulu Kabupaten Labuhan Batu, Rabu (12/12/2018). Kapolres Asahan, AKBP Faisal F Napitupulu mengatakan tidak ada ampun kepada bandar sabu. Kepada seluruh anggota kepolisian, Kapolres mengingatkan jangan coba-coba terlibat peredaran gelap narkoba.

“Saya akan tindak tegas. Kalau kita mau memberantas narkoba, kita terlebih dahulu harus bersih dan steril dari narkoba. Jangan bersihkan narkoba dengan sapu yang kotor,” tegas Kapolres Asahan.

Kapolres juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut membantu pihak kepolisian dalam memberantas narkoba. “Jangan takut melaporkan kalau di lingkungan kita ada peredaran narkoba, identitas pelapor kami jamin dan kami rahasiakan,” kata Kapolres Asahan.

Wakil Ketua DPRD Asahan, Dahrun Hutagaol memberikan apresiasi kepada Polres Asahan atas prestasi dalam pengungkapan peredaran gelap narkoba. DPRD Asahan siap mendukung dan bekerjasama dengan Polres dalam memberantas narkoba.

“Ini semua kita lakukan untuk menjaga generasi muda kita agar terhindar dari penyalahgunaan narkoba,” kata Dahrun. Sementara Kaban Kesbangpol Kabupaten Asahan, Sorimuda Siregar memberikan apresiasi kepada Polres Asahan yang telah berhasil mengungkap beberapa kasus narkoba.

Sorimuda juga mengajak masyarakat untuk membantu pihak kepolisian dalam memberantas peredaran narkoba. Sorimuda juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap menjaga keamanan dan kondusifitas menjelang Pemilu Presiden dan Legislatif tanggal 17 April 2019.

Pemusnahan sabu dilakukan dengan merebus pakai air panas dan selanjutnya dibuang ke septi tank/saluran WC. Pemusnahan daun ganja dilakukan dengan membakar. Sebelum dimusnahkan seluruh barang bukti diuji oleh AKBP Erma dari Poldasu dan disaksikan seluruh hadirin.

Pemusnahan barang bukti dihadiri Kapolres Asahan, AKBP Faisal F Napitupulu, Dandim 0208 Asahan, Letkol Inf Sri Marantika Beruh, AKBP Erma dari Poldasu, Kaban Kesbangpol, Drs Sorimuda Siregar, Kajari Asahan, Ketua PN Kisaran, Wakil Ketua DPRD Asahan, Dahrun Hutagaol SE MM, Ketua KNPI, Ketua FKUB, Wakapolres, Kabag Ops, para Kasat dan undangan lainnya. *Inc-10