Ilustrasi. Istimewa

Tapsel-Intainews.com:Oknum LSM berinisial IMH yang diduga memeras kepala sekolah (Kepsek) dasar di Kabupaten Padang Lawas (Palas) ditangkap Sat Reskrim Polres Tapanuli Selatan (Tapsel) dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT), berikut barang bukti amplop berisi uang.

Kapolres Tapsel AKBP Irwa Zaini Adib melalui Kasat Reskrim Polres Tapsel AKP Antonius Alexander Putra membenarkan penangkapan terhadap IMH. “Iya benar IMH telah kita amankan. Tersangka dan barang bukti kita amankan Senin (7/1),” terang AKP Antonius Alexander Putra lewat pesan WhatsApp-nya kepada wartawan, Minggu 13 Januari 2019.

Dikatakan AKP Antonius Alexander Putra, sesuai pengakuan tersangka di hadapan penyidik, ternyata aksi ini tidak dilakukan sendiri.“ Tersangka IMH adalah suruhan dari ketua LSM LIT atas nama Dorlan yang hingga saat ini masih buron,” ungkapnya.

Atas perbuatan tersangka dijerat dengan pasal 368 ayat 1 dengan ancaman hukuman maksimal 9 tahun. “Kita akan terus melakukan pengembangan. Terkait hal ini kita akan melakukan pemeriksaan terhadap 14 orang Kepala Sekolah SD.

Barang bukti yang diamankan uang senilai Rp 6,9 juta di tiga amplop. Satu amplop dengan rincian uang Rp 3 juta, amplop kedua berisi uang Rp 2 juta dan amplop ketiga berisi uang Rp 1,9 juta. Pada masing-masing amplop bertuliskan nama-nama SD.

Selain petugas juga mengamankan 1 unit Handphone bermerek Oppo serta 1 unit mobil Inova dan 1 buah kartu pengenal berwarna merah LSM JPKP milik tersangka. *Inc-16.