Ketua HIKABARA bersama Tim saat salurkan bantuan sembako kepada Anggota.foto/Zul.

DKI Jakarta-Intainews.com : Penyebaran virus Covid-19 yang sedemikian begitu massif menyebabkan lumpuh disegala lini kehidupan bermasyarakat.

Informasi di kumpulkan dari berbagai sumber, ribuan orang dinyatakan positif dan ribuan orang pula berakhir dengan kematian.

Tak hanya terjadi di kota asal wabah ini Wuhan Tiongkok, namun merambah ke seluruh dunia. Keganasan virus itu telah memporak porandakan sendi-sendi kehidupan manusia di muka bumi ini, karena sampai saat ini belum ditemukan obat penangkal yang mujarab untuk menghancurkan virus ini.

Di Indonesia berbagai kebijakan dan upaya telah dilakukan oleh Pemerintah baik Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah untuk meminimalisasi penyebaran Covid-19.

Berbagai himbauan mulai dari sosial distancing dan physycal distancing pun digaungkan melalui layar kaca dan radio station di penjuru tanah air untuk memberi pemahaman kepada rakyat banyak bahwa peperangan melawan virus ganas itu bukan hanya di tangan Pemerintah melainkan memerlukan keikut sertaan rakyat banyak.

Kebijakan terkini yang ditempuh Pemerintah Daerah adalah dengan memberlakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).

Menyambut himbauan Pemerintah, Dewan Pimpinan Pusat Himpunan Keluarga Besar Masyarakat Kabupaten Batu Bara (DPP HIKABARA) Priode 2020-2024 mencoba untuk ikut berpartisipasi membantu sebagaian anggota yang terkena dampak wabah Covid-19 ini atau dampak dari pemberlakuan PSBB, terutama bagi anggota yang berdomisili wilayah JABODETABEK.

Dampak Covid-19 ini luar biasa, bukan hanya sektor kesehatan, tapi juga perekonomian. Banyak orang kehilangan penghasilan, berdasarkan itu DPP HIKABARA membuat program HIKABARA Peduli Dampak Covid-19. Program ini menggalang bantuan untuk disalurkan ke saudara-saudara kita yang terkena dampak covid-19 ini, “Kita berharap bantuan ini dapat meringankan beban saudara2 kita,” Ujar Ketua Umum,” kata Haris didampingi Dewan Pengawas DPP HIKABARA, H. Eddy Noor, SH., M.PA

Bhakti Sosial ini, menurut Haris tercetus berdasarkan hasil diskusi dengan Dewan Pengawas dan Dewan Pakar DPP HIKABARA, maka ditetapkan kriteria anggota penerima bantuan dampak Covid-19 tersebut.

Sementara Dewan Pengawas DPP HIKABARA, Eddy Noor menjelaskan, Adapun Anggota HIKABARA yang mendapat bantuan berdomisili di wilayah JABODETABEK, Anggota HIKABARA yang terkena PHK/dirumahkan karena dampak Covid-19, Yatim/Piatu yang masih dalam tanggungan, Janda yang tidak mempunyai penghasilan tetap, Supir atau Ojek Online yang terdampak akibat berkurangnya pelanggan.

Sementara Pedangang kecil juga diberi bantuan dengan syarat yang berpenghasilan bersih dibawah 2 juta/bulan, bagi anggota yang saat ini mengalami sakit dan tidak ada penghasilan.
“Anggota yang selama ini berprofesi sebagai pekerja harian dan tidak berpenghasilan tetap juga mendapat bantuan,” kata Dewan Pengawas DPP HIKABARA, H. Eddy Noor, SH., M.PA , kepada wartawan Intainews.com, belum lama ini.

Eddy Noor juga mengatakan dengan merujuk dari kriteria tersebut, maka anggota yang berhak menerima bantuan tersebut sebanyak 47 orang yang berdomisi di beberapa daerah seperti, di daerah Kebun Jeruk, Jakarta , Barat, daerah Muara Baru, Semper Jakarta Utara, Bekasi, Tambun, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Bogor, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang.

“Saya menyambut baik gerakan spontanitas berupa bantuan sembako kepada anggota HIKABARA yang bermukim di wilayah JABODETABEK, yang terdampak sebagai akibat penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar, dalam upaya Pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona,” Ucap Eddy.

Eddy Noor juga tidak lupa menyampaikan Apresiasi yang tinggi kepada Ketua Umum DPP HIKABARA, kendati belum dilengkapi dengan perangkat personalia pengurus dan belum dilantik sekalipun ternyata telah membuktikan kepeduliannya untuk turut meringankan beban hidup saudara-saudara anggota HIKABARA yg berdomisili di JABODETABEK.

Dia juga mengacungkan jempol, gerakan peduli dari Ketua DPP HIKABARA yang tanggap kepada anggota yang sedang menghadapi masah sulit ditengah wabah Corona Virus ( Covid-19)” Kata Eddy.

“Ini bukan hal yang mudah untuk mengkoordinir pelaksanaan bantuan kemanusiaan seperti ini dan dalam situasi diberlakukannya oleh Pemerintah kebijakan PSBB, karena semua gerak terbatas, daya jangkau yg jauh dan berbeda serta keterbatasan dana yang diperoleh dari donatur,” imbuh Eddy.

Kita berharap anggota HIKABARA dimanapun mereka berada untuk tetap berikhtiar dengan cara berbuat sesuatu yang bermanfaat bagi mereka dari sisi ekonomi dan juga tetap sabar dalam menghadapi keadaan seperti ini. Semoga wabah Covid 19 ini segera berlalu dan kehidupan perekonomian rakyat bisa kembali pulih seperti sedia kala,” harap Ketua Dewan Pengawas DPP HIKABARA, H. Eddy Noor, SH., M.PA.

Sementara Dewan Pengawas, DR. KH. Sulaiman Effendi, M.Pd, mengucakan terimaksih kepada Ketua HIKABARA dan Tim yang telah berupaya sehingga Bhakti Sosial yang sudah terlaksana pada,Jumat -Kamis,17-23 April 2020, pekan lalu.

“Alhamdulillah, adik-adik Pengurus DPP HIKABARA yang tinggal di Jakarta begerak cepat. Mungkin jauh dari cukup yang bisa diterima saudara-saudara, namun ghiroh bebagi tenaga, fikiran, waktu, semangat dan sedikit rezeki sangat lah mulia. Saya sangat beterima kasih kepada Tim yang begerak, Ketua Umum Elfi Haris dibantu para penggerak, Zulkifli Hazmar, Irwansyah, Raimond.

Ini awal yang sangat baik untuk suatu kebersamaan,” Barokallah Selamat berjuang untuk semuanya, Jaga kesehatan, Patuhi SOP Pemerintah,” Ujar Ketua Dewan Pakar, Prof. DR. Muhammad Nur, DEA, sembari mengambil firman Allah dalam surat Al-Baqarah:92 ” Tidaklah kamu mendapatkan kebaikan kecuali kamu menafkahkan apa yg kamu cintai, dan Allah maha mengetahui apa yg telah engkau nafkahi,” Saya memberikan penghargaan yang setinggi tingginya atas inisiasi yang berbentuk donasi dari DPP HIKABARA untuk warga HIKABARA.

Ini bukti konkrit Iman kita kepada Allah SWT. Semoga keharmonisan ini dapat kita rawat dan kita jaga walaupun masih ada suara sumbang disana sini, anggaplah sebagai kerikil kecil agar kita lebih maju dimasa datang, ” Ya Allah, Berkahilah apa yg kami keluarkan dan apa yg kami simpan,” tutup Dewan Pengawas, DR. KH. Sulaiman Effendi, M.Pd dalam doanya.

Adapun bantuan yang diberikan adalah berupa paket sembako yang diberikan kepada anggota berupa, Beras 10 kg,Mie Instan 1/2 dus, Minyak Goreng 2 ltr, Kecap Botol, Saos Botol, Gula pasir 1 kg, Teh celup 2 kotak, Kopi 10 bks, Susu 1 Kaleng, Kurma, Masker 2 pcs, Cairan Pembersih (Desinfektan) 100 ml.

Mengingat para penerima bantuan ini berdomisili di bebagai tempat yang jaraknya berjahuan maka waktu pendistribusian Paket ini mulai dari hari Jumat – Kamis (Tanggal 17-23 April 2020),” Inc-Zul.