Jakarta-Intainews.com: Google News Initiative (GNI) mengumumkan inisiatif Dana Bantuan Darurat Jurnalisme untuk membantu industri media massa di krisis akibat pandemi virus corona (covid-19) dalam mengatasi beberapa kebutuhan mendesak dari ribuan publikasi kecil dan menengah dari seluruh dunia.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima mattanews.co dari Google News Initiative (GNI), Kamis (16/4/2020), dana tersebut terbuka untuk organisasi berita lokal berskala kecil dan menengah yang mempunyai tim digital dan ukuran redaksi sebanyak 2 hingga 100 jurnalis.

“Kami ingin memberitahukan kepada Anda bahwa Google News Initiative (GNI) baru saja mengumumkan program pertama sebagai tanggapan terhadap Corona (Covid-19) untuk industri berita,” ujar pihak GNI.

Melihat tantangan yang dihadapi oleh ekosistem industri berita di seluruh dunia akibat wabah Covid-19, GNI menyediakan Dana Bantuan Darurat Jurnalisme untuk organisasi berita kecil dan menengah yang memproduksi konten asli untuk komunitas lokal di seluruh dunia. Kami mengundang anggota kami untuk mengetahui lebih lanjut tentang kelayakan mereka untuk program ini dan mengisi formulir sederhana di situs web GNI di sini.

Redaksi berita di seluruh dunia bisa mendaftar untuk mendapatkan bantuan ini hingga 29 April melalui https://newsinitiative.withgoogle.com/journalism-emergency-relief-fund/apply. Selanjutnya, Google akan mengumumkan penerima dana bantuan dan cara penggunaan dananya.

Pendaftaran akan ditutup pada tanggal 29 April 2020 pukul 11:59PM PDT (GMT -7), dan akan ditinjau dan keputusan diberikan secara bergulir. Kami berharap Anda dapat mengajukan pendaftaran sesegera mungkin. Jika ada pertanyaan lanjutan, silahkan merujuk ke halaman web Dana Bantuan Darurat Jurnalisme GNI atau hubungi jerfund@google.com. * int