Peluang bambu menjadi komoditi ekspor cukup besar (dok)

Tanaman bambu banyak tumbuh di Indonesia, bahkan sangat subur. Banyak kegunaan dari bambu tersebut, pohonnya yang ribun dan mengakar banyak orang yang enggan memeliharanya dan terpaksa dibasmi, karena dianggap tidak bermanfaat.

Tetapi sesungguhnya kalau kita terampil dan mau melakukan kreasi terhadap pohon bambu tersebut, bukan tidak mungkin manjadi lahan yang bisa menghasilkan uang sebagai penghasilan tambahan atau mungkin juga menjadi andalan sebagai komoditi ekspor.

Seperti yang dilakukan seorang pelaku UMKM di Aceh, berkat ketekunannya malakukan inovasi terhadap tanaman bambu membuatnya menjalin kerjasama dengan seorang eksportir dan melakukan pengiriman ke luar negeri.

“Untuk tahap awal, kami mengekspor satu kontainer bambu ke Turki, melalui Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara. Ke depan, kami akan upayakan mengekspornya melalui pelabuhan di Aceh,” kata Muhammad Iqbal, pelaku UMKM, di Banda Aceh, seperti diberitakan Antara Senin (24/02/2020).

Muhammad Iqbal menyebutkan dirinya bekerja sama dengan seorang pengusaha bunga dan dekorasi dari Malaysia, Safrina Ilyas. Yang bersangkutan merupakan warga Aceh asal Sawang, Aceh Utara.

Menurut Muhammad Iqbal, ekspor bambu tersebut merupakan yang perdana. Di Turki, sudah ada pembeli yang menunggu. Selain di Turki, bambu Aceh tersebut diupayakan dipasarkan di Eropa.

“Ke depan, tidak hanya bambu yang diekspor, tetapi juga komoditas lainnya seperti pinang, kopi, dan lainnya. Kami upayakan pelabuhan ekspornya dari Aceh, terutama Pelabuhan Krueng Geukueh, Kota Lhokseumawe,” kata Muhammad Iqbal.

Sementara itu, Safrina Ilyas, pengusaha Malaysia asal Aceh, mengatakan dirinya sudah dihubungi pembeli bambu di Turki. Bambu tersebut bahan baku dekorasi termasuk perabotan rumah tangga.

Menurut wanita alumni IAIN Ar Raniry tersebut, di Aceh banyak tanaman bambu. Namun, keberadaannya belum memberi nilai ekonomis bagi masyarakat Aceh. Dengan adanya ekspor bambu tersebut, diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. Ant -02