Bedagang mangga Harum Manis di atas mobil di di Jalan Gaperta, Kota Medan

Manfaat mangga, menurunkan kadar kolesterol, mengatasi obesitas, mencegah kanker, menyembuhkan anemia, kesehatan tulang, bermanfaat bagi kulit dan rambut.

Medan-Intainews.com:Buah mangga harum manis dan mangga Indramayu sangat digemari warga Medan, buktinya buah ranum ini sekarang membanjiri kota Medan. Saking tingginya pasokan mangga ini membuat para pedagang buah di Medan berlomba-lomba menjual mangga harum manis.

Tapi pedagang buah ini lebih dominan ibu rumahtangga. Keuntungannya bisa menambah pendapatan keluarga. Seperti terlihat di Jalan Gaperta Ujung, Medan Sumatera Utara, mereka berjualan buah di pinggir jalan raya. Namun tidak mengganggu arus lalulintas karena Jalan Gaperta Ujung memang lebar.

Bagi pengendara yang pulang kerja tidak jarang mampir membeli mangga dan buah lainnya. Mangga harum manis ada juga di pasar Petisah, Sei Sikambing, Pasar Kampung Lalang, Sukaramai dan di sejumlah swalayan lainnya dibanjiri mangga harum manis dan mangga Indramayu.

“Bertruk-truk diangkut dari Pulau Jawa ke Medan. Kemudian dari Medan dibawa pula ke Aceh maupun kota lainnya,” ungkap Yani, pedagang buah di Jalan Gaperta kepada Intainews.com di Medan, Sabtu 2 November 2019.

Dia menuturkan mangga harum manis dijual dengan harga Rp13 ribu-hingga Rp18 ribu/kg. Tergantung dari besar kecilnya mangga. Sedang mangga Indramayu Rp10 ribu/kg. Mangga harum manis dan mangga Indramayu memang sekarang lagi musim.

Manakala pasokan berkurang, harganya pun bisa melambung mencapai Rp25 ribu hingga Rp30 ribu/kg. “Sekarang sudah ada juga harum manis lokal setelah bibitnya dikembangkan di berbagai daerah. Tetapi mangga harum manis dari Jawa tetap saja dipasok ke Medan. Mungkin karena produksi lokal tidak mencukupi,” ucap Yani.

Mengomsumsi buah sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat mangga antara lain untuk menurunkan kadar kolesterol, mengatasi obesitas, mencegah kanker, menyembuhkan anemia, kesehatan tulang bahkan manfaat bagi kulit dan rambut. *Inc- bay