Ilustrasi. Istimewa

Semua pihak terlibat PKR dapat bersinergi mensukseskan acara guna mencapai target inklusi nasional 75% di akhir tahun 2019.

Medan-Intainews.com:Untuk penguatan literasi dan inklusi keuangan di Sumatera Utara dan sekaligus mendukung pencapaian target inklusi nasional, Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan Provinsi Sumatera Utara [Forkom IJK Sumut] akan menggelar Pasar Keuangan Rakyat [PKR] Tahun 2019 selama 2 hari 26 Oktober dan 27 Oktober 2019 di Lapangan Merdeka Kota Medan.

Kepala OJK Regional 5 Sumatera Bagian Utara, Yusup Ansori mengatakan atraktif ini bertema ‘Bersama Kita Wujudkan Inklusi Keuangan untuk Semua’ akan menghadirkan tujuh puluh lima lembaga jasa keuangan di Sumatera Utara, empat pemerintah daerah, berbagai organisasi perangkat daerah tingkat provinsi, Bank Indonesia [BI], self regulatory organization industri jasa keuangan, dan empat asosiasi lembaga jasa keuangan.

“Perhelatan ini merupakan yang kedua kalinya di Sumatera Utara dan menjadi yang terbesar di bidang inklusi keuangan sepanjang tahun untuk Sumatera Utara. Sebagai wujud semangat pelaksanaan Perpres No.82 Tahun 2016, perhelatan ini direncanakan dibuka oleh Gubernur Sumatera Utara, H Edy Rahmayadi,” katanya, Kamis 24 Oktober 2019.

Mengingat pentingnya peran acara tersebut dalam dunia inklusi keuangan, panitia
pelaksana menargetkan pengunjung kegiatan akan terdiri dari masyarakat umum,
pelajar, mahasiswa dan keluarga besar lembaga jasa keuangan serta pelaku usaha
di Sumatera Utara.

“Untuk meningkatkan partisipasi, pemahaman masyarakat terhadap fungsi produk lembaga jasa keuangan, dan sebagai wujud literasi yang lebih baik sebagai awal penguatan tingkat keyakinan bertransaksi melalui lembaga jasa keuangan di Sumatera Utara, panitia telah mempersiapkan beragam acara atraktif,” ujarnya.

Semua Pihak Terlibat PKR

Dikatakannya, atraktif seperti pameran produk UMKM binaan Pemda dan industri keuangan, business matching, talkshow dan edukasi produk industri keuangan kepada masyarakat, mahasiswa dan pengusaha, senam bersama, aksi CSR, donor darah dan medical checkup, aneka lomba disertai hadiah.

“Sebagai puncaknya menghadirkan grandprize 1 unit mobil, 2 unit sepeda motor dan beragam hadiah menarik lainnya. Selain itu, juga dihadirkan beragam acara yang mendorong implementasi program sosial beberapa lembaga keuangan untuk Sumatera Utara yang lebih baik meliputi pembagian dana CSR bernilai ratusan juta dan kegiatan
donor darah,” katanya.

Yusup berharap agar semua pihak yang terlibat dalam PKR tersebut dapat bersinergi mensukseskan acara guna mencapai target inklusi nasional sebesar 75% pada akhir tahun 2019 dan meningkatkan posisi inklusi keuangan Sumatera Utara yang sebelumnya
berdasarkan hasil survey literasi dan inklusi keuangan tahun 2016 oleh OJK tercatat di peringkat 4 nasional dengan indeks 75.6%. * Inc-03