Medan-Intainews.com:Tim Ekspedisi Kas Keliling Kepulauan Terluar, Terdepan, dan Terpencil [3T] Bank Indonesia Kantor Perwakilan Sumatera Utara, melakukan penarikan uang lusuh atau tidak layak edar di pulau terluar yakni Pulau Rupat, Provinsi Riau. Juga di Pulau Bengkalis, dan Pulau Tebingtinggi [Kepulauan Selatpanjang].

Sebelumnya tim kas keliling BI juga melakukan penarikan uang lusuh di Pulau Sabang, Provinsi Aceh. Dalam ekspedisi ini tim Bank Indonesia [BI] berhasil menarik Rp2 miliar lebih uang tidak layak edar [UTLE]. Uang yang ditarik mulai dari pecahan 1.000 hingga 100.000 dari total uang baru yang dibawa Rp3,356 miliar. Sedangkan sisanya Rp1,35 miliar uang yang masih layak edar.

Di Kota Kepulauan Selatpanjang, Kecamatan Tebingtinggi, Kabupaten Meranti, Provinsi Riau, yang merupakan pulau terakhir yang dikunjungi Tim Ekspedisi. Masyarakat sangat antusias mendatangi layanan kas keliling BI untuk menukarkan uang lusuh mereka dengan uang rupiah baru. Lokasi penukaran terbagi di dua tempat yakni di Pasar Selatpanjang dan di SD Islam Al-Hikmah Selatpanjang, Rabu [4/9/2019].

Sosialisasi Keaslian Rupiah

Ketua Tim Kas Keliling BI di Selatpanjang, Dwi Sulistyo mengatakan, tim kas keliling telah melakukan penukaran kepada masyarakat dalam bentuk uang lusuh dan ditukarkan dengan uang baru maupun uang pecahan kecil dalam kondisi uang hasil cetak sempurna [HCS].

“Kami terus gencar melakukan penukaran uang lusuh, rusak maupun tidak layak edar serta mengantisipasi peredaran uang asing kepada masyarakat di pulau terpencil, terluar dan terdepan, khususnya di kawasan pulau yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia,” katanya.

Salah seorang pedagang buah di Pasar Selatpanjang, Budiman mengatakan, kehadiran BI sangat membantu karen sebagai pedagang banyak memiliki uang lusuh, jadi kami membutuhkan uang baru pecahan kecil.

Selain melakukan penukaran uang lusuh dengan uang baru, Tim Ekspedisi Kas Keliling 3T BI Kantor Perwakilan Sumatera Utara, juga melakukan sosialisasi tentang uang rupiah dan keasliannya di Sekolah Dasar Swasta [SDS] Islam Al-Hikmah Selatpanjang, Tebingtinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti.

Program BI Secara Nasional

Tim juga menyerahkan bantuan Program Sosial Bank Indonesia [PSBI] berupa peralatan olahraga dan seni. Sosialisasi langsung dilakukan Kepala Rombongan Tim Ekspedisi BI Medan Syamsul Bakti di mushalla sekolah tersebut.

Selain dihadiri dihadiri Kepala SD Swasta Islam Al-Hikmah Haitiana SAg, dihadiri pula oleh Komandan Pos Keamanan TNI AL, Selat Panjang, Letda Jerry Hendra, serta anggota, para guru, Sekretaris Kecamatan Tebingtinggi, serta para murid.

Syamsul Bakti menyampaikan, kegiatan ini merupakan program BI secara nasional menargetkan mengunjungi sebanyak 160 pulau terluar yang ada di Indonesia, dan tim ekspedisi dari BI Kantor Perwakilan Sumatera Utara [Medan] mengunjugi 6 pulau yaitu, Pulau Sabang, Pulau Nasi, Aceh, Pulau Berhala (Sumut), Pulau Rupat, Pulau Bengkalis, dan Pulau Tebingtinggi [Riau]. *Inc-03

  • Bagikan berita ini