Medan-Intainews.com:Harga cabai merah di pasar tradisional selama bulan Agustus lebih mahal dibandingkan dengan rata-rata harga di bulan Juli. Harga rata-rata cabai merah di bulan Juli i sekitar Rp 63.500 per kg. Sementara harga rata-rata cabai merah Agustus 2019 mencapai Rp 74.900 perkg.

Ada kenaikan harga rata-rata lebih dari 10 ribu perkg. Tentunya sangat besar dalam menyumbang laju tekanan inflasi. Karena cabai merah masih menjadi komoditas penyumbang inflasi terbesar di Sumatera Utara [Sumut] hingga bulan ini.

“Pemantauan harga ini kita ambil dari sejumlah pasar tradisional di kota Medan. Dan dilakukan setiap hari kerja selama satu bulan penuh. Selanjutnya, harga cabai rawit juga mengalami kenaikan yang tajam juga.

Harga cabai rawit dibulan Juli rata-ratanya Rp 54 ribu perkg. Di bulan Agustus harga cabai rawit melonjak di harga rata-rata Rp 61.500 per kg nya,” kata Ketua Pemantau Pangan Sumut, Gunawan Benjamin, Kamis 29 Agustus 2019.
Harga Bawang dan Ayam Turun

Jadi komoditas cabai akan menjadi penyumbang inflasi di bulan ini. Sementara itu, harga bawang merah yang memiliki rata-rata penurunan di bulan ini akan sedikit mengurangi tekanan laju inflasi di wilayah Sumut. Berikutnya harga daging ayam juga mengalami penurunan, dari rata-rata bulan Juli Rp 32.500 per kg, menjadi sekitar Rp 27.100 per kg.

Walaupun daging ayam harganya turun, namun untuk harga telur ayam masih dijual stabil dikisaran 24 ribu per Kg. Nyaris tidak mengalami perubahan jika dibandingkan dengan harga dibulan sebelumnya.

Jadi kesimpulannya adalah SUMUT masih akan berpeluang menciptakan laju tekanan inflasi. Dan angkanya saya pikir bisa mencapai lebih dari 1%. Jika realisasi laju tekanan inflasi SUMUT melebih 1%, maka peluang SUMUT untuk mencetak inflasi sesuai sasaran 3.5% plus minus 1% semakin jauh.

Bahkan harapannya semakin kecil sekali. Bobot inflasi cabai disaat harganya mengalami kenaikan tentunya sangat besar. Sumut akan terus mengalami tekanan inflasi tinggi hingga akhir tahun.

“Awalnya saya menilai bahwa kenaikan harga cabai merah menjelang idul adha kemarin dikarenakan oleh siklus permintaan yang sifatnya sementara. Namun fakta justru berbicara lain, dimana harga cabai bertahan mahal hingga menjelang penutupan bulan agustus ini. Bahkan cabai harganya di medan sempat menembus 100 ribu per kg,”ujarnya. * Inc-04