Menteri Keuangan Sri Mulyani (kanan) berbincang dengan Kepala Staf Presiden Moeldoko (kiri) disela-sela Sidang Kabinet Paripurna tentang ketersediaan anggaran dan pagu indikatif 2020 di Istana Bogor, Jawa Barat. Foto Istimewa

Jakarta-Intainews.com:Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) menyebutkan penyelenggaraan Pilpres dan Pileg punya andil dalam menjaga stabilitas sistem keuangan di tahun 2019. Hal tersebut disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang juga menjabat sebagai ketua KSSK dalam konferensi pers berkala di kantornya pada Selasa 23 April 2019 malam.

“KSSK juga melihat pelaksanaan pesta demokrasi yang berlangsung aman dan damai turut meningkatkan kepercayaan publik terhadap stabilitas keuangan,” ujarnya. Secara umum, KSSK menyampaikan stabilitas sistem keuangan pada triwulan I-2019 masih tetap terjaga dilihat dari indikator perekonomian dan keuangan yang positif, baik di bidang fiskal maupun moneter.

Lantaran itu lah, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu berharap kondusivitas usai pemilu 17 April lalu tetap terjaga hingga hasil penghitungan suara resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) selesai pada 22 Mei 2019 mendatang.

Menurutnya, segala bentuk keberatan atas penyelenggaraan Pemilu diselesaikan sesuai dengan mekanisme hukum yang berlaku. Hal ini diperlukan agar tak ada dampak buruk dari Pemilu yang dapat mengganggu stabilitas sistem keuangan. “Apapun yang terjadi ada mekanisme institusional dan hukum untuk menampung, dan semoga hasil pemilu sesuai jadwal yang ditetapkan KPU,” imbuh Sri Mulyani. *tid