CATATAN RONI NELIATI TANJUNG

Medan-Intainews.com:Muchammad Budi Utomo yang sebelumnya menjabat Pelaksana Tugas (Plt), resmi ditetapkan sebagai Direktur Utama (Dirut) PT Bank Sumut. Penetapan merukan hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) tahunan dan RUPSLub di Kantor Pusat Bank Sumut, Jalan Imam Bonjol Medan, Jumat 12 April 2019.

Namun, penetapan tersebut masih menunggu hasil fit and proper test, yang akan dilakukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pemegang Saham Pengendali (PSP) PT Bank Sumut, yakni Gubernur Sumatra Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi (foto) mengatakan, Muchammad Budi Utomo merupakan satu-satunya calon yang diajukan sebagai Dirut PT Bank Sumut.

“Penetapan ini dilakukan sesuai arahan OJK, yang menyarankan segera ada Dirut defenitif. Pasalnya, OJK tidak mengenal istilah pelaksana tugas (Plt) Dirut,” katanya. Sebelumnya, dalam RUPS Lub PT Bank Sumut pada 15 Februari 2019 lalu, mengesahkan dan mengangkat Muchammad Budi Utomo sebagai Komisaris Non Independen PT Bank Sumut, setelah lolos fit and proper test OJK.

Pada RUPS-Lub, pemegang saham menyetujui, mengangkat serta menetapkan Muchammad Budi Utomo sebagai Plt Dirut PT Bank Sumut, paling lama enam bulan. Begitupun, tetap menunggu persetujuan OJK. Tapi karena OJK tidak mengenal istilah Plt, maka RUPS-Lub kali ini, Budi Utomo ditetapkan sebagai Dirut Bank Sumut.

Suasana RUPSLub di kantor Bank Sumut Medan

Sekretaris Perusahaan PT Bank Sumut, Syahdan Ridwan Siregar menjelaskan, posisi sebagai Dirut itu sembari menunggu hasil fit and proper test OJK. “Dengan hasil ini maka satu-satunya calon yang diajukan sebagai Dirut Bank Sumut. Karena sebelummya fit and proper test dilakukan hanya untuk jabatannya sebagai Komisaris Non Independen,” kata Gubsu.

Hasil RUPS dan RUPSLub yang berlangsung sekitar empat jam itu selain menetapkan Muchammad Budi Utomo sebagai Dirut Bank Sumut, juga rencana penambahan saham Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut hingga 50 persen dan menetapkan program kerja untuk dua tahun ke depan.

Edy Rahmayadi yang hadir bersama Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah langsung memberikan pesan pada Dirut Muchammad Budi Utomo. “Dirut baru saya minta untuk mengembalikan laba Bank Sumut yang sempat turun. Untuk penambahan modal Pemprovsu nantinya akan sampai 50 persen, dari yang saat ini saham Pemprov di Bank Sumut hanya 41%,” katanya.*Inc-03