Medan-Intainews.com:Saat ini, Perusahaan Daerah (PD) Pembangunan akan melaksanakan coor bisnis utamanya di bidang jasa kontruksi, properti dan penataan sarana umumnya. Untuk pelaksanaan jasa kontruksi pihaknya akan bekerjasama dengan BM Beton.

Sementara untuk pengadaan semen curah, punblok, castil dan lain lain bekerjasama dengan pengembang. Direktur Utama Perusahaan Daerah (PD) Pembangunan Kota Medan Drs H Putrama Alkhairi (foto) mengatakan, untuk properti maka berjalan bersama dengan pengembang.

Untuk penjualan berbagai properti dan pembangunan properti pihaknya bekerjasama dengan pihak ketiga. “Kemarin kita sudah lakukan MoU dengan PT Surya, dengan tujuan untuk pengadaan lampu jalan yang ramah lingkungan, yaitu dengan menggunakan solar seling cahaya tenaga surya,” katanya, Senin 8 April 2019.

Dijelaskannya, sudah ada beberapa kawasan tertentu yang dilirik agar menuju Kota Medan lebih maju dan berkembang lagi bahkan akan secepatnya berkordinasi dengan instansi terkait seperti dengan dinas pertamanan kota Medan.

“Untuk semua anggaran akan dibantu dari pihak ketiga,s aat ini kita dalam tahapan studi jadi percepatannya kita mulai dari kawasan tertentu dimana skala prioritas lokasi yang mau dilakukan uji coba misalnya penggunaan lampu dari tenaga surya di beberapa jalan di kota Medan,”ujarnya.

Tujuan dengan menggunakan lampu dari tenaga surya pertama mengurangi daya dari PLN, memberikan kontribusi pada pemerintah kota dengan membuat kota menjadi ramah lingkungan,dan ini dalam proses kordinasi dalam penataan.

“Proses ini cepat dan lambat tergantung pada studi yang dibuat dulu studinya, tinggal kita menghimpun beberapa masukan masukan karena kita juga harus membuat kajian keunggulan komperatifnya,” ujarnya.

Dikatakannya, PD Pembangunan adalah perusahaan milik daerah, sehingga harus melakukan inisiatif dalam percepatan pembangunan di Kota Medan. Dengan kelembagaan yang ada diperusahaan daerah maka sudah saatnya mengusulkan percepatan daerah.

“Kota Medan adalah kota metropolitan dan strategis dari kota kota di dunia untuk itu kita mempelopori dan memanfaatan energi barukan di dalam kota, sehingga menjadikan kotanya asri dan kota yang bisa berkesinambungan untuk masa depan,” ujarnya. *Inc-03