Gunungsitoli-Intainews.com:Hingga saat ini Harga Eceran Tertinggi (Het) penjualan LPG 3 kilogram di Kota Gunubgsitoli, Sumatera Utara belum ditetapkan. Akibatnya harga LPG ukuran 3 kilogram di Kota Gunungsitoli mencapai Rp 33.000 hingga Rp 35.000.

Karman Sinaga, Kepala Bagian Perekonomian Kota Gunungsitoli yang dihubungi, Selasa 29 Januari 2019 membenarkan jika hingga saat ini harga Het LPG 3 kg di Kota Gunungsitoli masih belum ditentukan.

Namun dia memberitahu sedang dilakukan rapat Pemerintah Kota Gunungsitoli dengan ketua DPC Himpunan Wiraswasta Nasional Migas dan Gas Tapanuli-Nias untuk menyatukan persepsi berapa harga Het LPG 3 kg di Kota Gunungsitoli.

“Kita sudah melakukan rapat beberapa kali dengan ketua DPC Hiswana Migas Tapanuli-Nias, dan belum mendapat keselakatan berapa harga Het LPG 3 kg di Kota Gunungsitoli,” terangnya. Dia memastikan harga het LPG 3 kg untuk daerah Kota Gunungsitoli diusahakan untuk ditetapkan akhir Januari 2019, dan akan diterapkan mulai bulan Februari 2019.

Tidak lupa dia mengungkapkan jika Het LPG di Kota Gunungsitoli tidak sama dengan Het LPG 3 kilogram di Sibolga atau daerah lainnya di luar Pulau Nias. Perbedaan terjadi karena ada penambahan biaya angkutan atau biaya penyeberangan LPG dari luar Pulau Nias ke Kota Gunungsitoli serta biaya distribusi ke daerah daerah.

“Harga LPG 3 kilogram di Kota Sibolga hanya Rp 17.000 sampai Rp 18.000, tetapi di Kota Gunungsitoli tidak akan sama karena ada penambahan biaya angkutan penyeberangan dan distribusi,” terangnya.

Jul salah seorang warga Kota Gunungsitoli memberitahu jika keluarganya membeli LPG 3 kg Rp 33.000, bahkan pernah membeli Rp 35.000. Dia bingung mengapa LPG 3 kg lebih murah di sibolga, sedangkan di kota Gunungsitoli harganya hampir dua kali lipat. Dari agen resmi penyalur LPG di Kota Gunungsitoli, para pengecer mengaku membeli LPG 3 kg Rp 26.500. *Inc-12