Dari kanan ke kiri Rahmad Efendi,Nurmala Dewi (istri), Roni Neliati dan Eli Marlina (wartawan)

Medan-Intainews.com:Pria separuh baya yang bernama Rahmad Efendy ini awalnya tidak menyangka kalau dirinya akan berhasil dalam mengeluti bisnis kuliner sate kerang menjadi buming hingga terkenal sampai ke manca negara.

Sesungguhnya ini semua berkat kegigihannya dari muda sudah merantau bekerja di salah satu media besar di ibukota membuat Rahmad ditempah menjadi tekun dan gigih dalam menjalankan pekerjaan apa yang menjadi profesinya.

“Dari pengalaman itu saya pastikan focus ke usaha kuliner sate kerang ini. Semua saya kerjakan berdua dengan kakak saya, dari owner sampai kuli mengantar pesanan sate kerang ke pelanggan,” jelas Rahmad kepada Intainews.com Sabtu 18 Agustus 2018 di Kede Oleh-oleh Khas Medan Sate Kerang Rahmad Jalan Kruing Petisah No 3D Medan.

Rahmad, tidak pernah terpikir sate kerang kuliner warisan orangtuanya, yang dikelolanya dan dikemas dengan apik sampai ke macanegara, antaralain Dubai Thailand dan lainnya berkat sosial media.

Satu porsi sate kerang

Untuk merintis jualan sate kerangnya ini Rahmad menuturkan mula-mulanya menawarkan kepada teman-teman, malu-malu. Akhirnya teman-teman senang dan banyak memesan via bbm dan kini pemesanan diteruskan melalui datang ke Kede Oleh-oleh Sate Kerang.

“Dahulunya kami memproduksi sate kerang hanya 50 kilogram saja perhari sekarang ini sudah 100 kg perhari. Seya kelola bersama istri tercinta yaitu Nurmala Dewi sebagai Account Executive dan beberapa karyawan,” katanya.

Sambungnya untuk tidak menghilangkan rasa kenikmatan sate kerang ini kerangnya khusus di pasok dari Tanjungbalai Sumatera Utara (Sumut),dengan campuran rempah-rempah Indonesia,yaitu cabe,bawang,kelapa dan lainnya,” ungkapnya.

Pelanggannya selain datang tidak sedikit yang memesan. Ada Aril Noah, Ruben Omsu. Orang-orang Jakarta dan asal kota-kota lain di Indonesia, kalau datang ke Medan pasti mampir ke Kede OLeh-oleh Sate Kerang ini.

“Kalau pejabat di Medan semuanya langgganan seperti halnya Bupati Langkat Ngogesa Sitepu, mantan Gubsu H T Erry Nuradi serta Gubenur Sumut terpilih yang sebentar lagi dilantik, yaitu Pak Edy Rahmayadi beserta wakilnya Musa Rajckshah,” katanya.

Selibriti Ruben Omsu bersama rekannya saat menikmati Sate Kerang kuliner Rahmad

Tak ketunggalan perusahan-perusahan BUMN yang hendak mengadakan rapat ke Jakarta pegawainya membawa oleh-oleh sate kerang untuk dihidangkan di hidangkan pada acara makan di acara rapat.

“Karena saya besiknya marketing jadi mudah saya memasarkan sate kerang ini. Apalagi saat ini para ojek online sangat membantu kita. Kalau dulu semua saya yang antar sendiri,” jelas Rahmad. Penghasilannya? Untuk usaha yang ditekuninya ini Rahmad sudah bisa mengantongi perharinya Rp 3 juta.

“Dengan ketekunan dan kegigihan kami, serta selalu bersedakah Alhamdulillah usaha kami diterima masyarskat banyak. Tapi masih ada kringinan saya, kalau bisa bapak peresiden kita datang untuk makan sate kerang buatan saya,” begitu harapan Rahmad. *Inc-03