Bupati Asahan H Surya BSc, saat menerima audiensi masyarakat etnis Tionghoa.foto/ist.

Asahan Intainews.com : Bupati Asahan H Surya BSc menerima audiensi masyarakat Etnis Tionghoa yang di Ketuai Joseph Rendy, di ruang kerja Bupati Asahan, Kamis (16/4/2020).

Joseph mengatakan maksud dan tujuan audensi untuk menyampaikan kepada Bupati bahwa komunitas masyarakat Tionghoa akan turut berpartisipasi dalam percepatan penanganan covid 19 di Asahan dengan menyalurkan beberapa bantuan seperti sanitazer motto 4 deregen, kacamata gogke 48 pcs, baju APD 4 pcs, alkohol 96% 12 liter yang diserahkan ke RSUD HAMS Kisaran tanggal 09 April 2020, ke RS Sei Dadap dan RS Katarina.

Joseph juga menyampaikan dalam waktu dekat komunitas masyarakat Tionghoa akan menyerahkan bantuan desinfektan sebanyak 50 buah, karbol 500 liter, sarung tangan 1000 pcs, kacamata 48 buah dan masker kain 100 buah.

Bupati Asahan, H Surya BSc mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan. Bantuan akan kita pergunakan semaksimal mungkin untuk kepentingan percepatan penanganan covid 19 di Asahan. Dalam situasi saat ini sekecil apapun bantuan yang disampaikan untuk percepatan penanganan covid 19 di Asahan sangat berarti, untuk itu saya atas nama masyarakat Kabupaten Asahan mengucapkan terima kasih.

H Surya menyampaikan harapannya kepada komunitas masyarakat Tionghoa untuk ikut berperan aktif dalam percepatan penanganan covid 19 dengan menyampaikan imbauan kepada masyarakat untuk menghindari keramaian, jaga jarak komunikasi dan selalu biasakan cuci tangan pakai sabun.

Turut hadir Bupati Asahan, Asisten I Drs Jhon Hardi Nasution MSi, Dirut RSUD HAMS dr Edy Iskandar, Kadis Kominfo H Rahmat Hidayat Siregar, SSos MSi. (Ade)

Asahan Intai News.com
Untuk memastikan ketersediaan stok beras, Bupati H Surya BSc mengunjungi gudang Bulog di Kelurahan Kisaran Naga Kecamatan Kota Kisaran Timur. Bupati didampingi Asisten Ekonomi Pembangunan, Drs Bambang Hadi Suprapto, Kadis Pertanian, Ir Oktoni, Kadis Kopdag, Witoyo MM, Camat, Danramil, Kapolsek, Kamis (16/4/2020).

Bupati mengatakan kunjungan ini untuk mengecek ketersediaan stok beras dan memastikan adanya cadangan beras beberapa bulan kedepan. Kedatangan Bupati disambut Kepala Bulog Kisaran, Eka Prasetyo Sofyan. Saat ini tersedia cadangan beras kurang lebih 700 ton. Alhamdulillah, kita masih bisa antisipasi jika terjadi kekurangan beras di masyarakat selama pandemi covid-19 saat ini dan termasuk dalam menghadapi bulan Ramadhan sampai Idul Fitri”, kata Bupati.

“Bulog menjamin ketersediaan beras bahkan sampai cadangan, karena pihak Bulog menjamin stok cadangan beras hingga ratusan ton. Alhamdulillah, pihak Bulog akan terus menambahkan disetiap bulannya persediaan stok beras baru. Sampai hari ini, berdasarkan pantauan di pasar belum ada kelangkaan beras dan harganya masih normal”, kata Surya.

Selanjutnya Bupati Asahan dan rombongan ngecek ketersediaan gabah dan beras di beberapa kilang padi, seperti Kilang Padi Kisaran, gabah dan beras kurang kebih 1100 ton. Kilang Padi Petani ada 300 ton dan Kilang Padi Sehati beras 60 ton dan gabah 1000 ton.

Dari hasil kunjungan tersebut, Bupati memastikan untuk ketersediaan bahan pangan terutama beras sampai 3 bulan kedepan di Asahan tetap aman. Stok beras di Bulog aman untuk 3 bulan kedepan apalagi ditopang beberapa kilang padi yang ada di Asahan.

Bupati menyampaikan kepada pengusaha kilang padi untuk lebih memprioritaskan ketercukupan beras di Asahan baru mengirim ke daerah lain.Inc-Ade.