Bupati Ir H Zahir MAP dalam rapat terbatas di aula rumah dinas Tanjung Gading, didampingi Sekretaris Daerah Sakti Alam Siregar SH.foto/Ist.

Batu Bara-intainews.com : Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP dijadwalkan pada Senin (27/4/2020) menjemput 128 warga masyarakat Batu Bara yang terlantar di Malaysia akibat perpanjangan lockdown di Negeri jiran tersebut sejak 14 Maret lalu.

Ke 128 warga yang terlantar ini merupakan para pekerja yang dirumahkan dari masing-masing perusahaan serta pusat perdagangan yang tutup, dan kehabisan bahan makanan sehari-hari karena setiap anggota masyarakat dilarang keluar rumah di negeri jiran Malaysia itu.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Ir H Zahir MAP dalam rapat terbatas di aula rumah dinas Tanjung Gading, didampingi Sekretaris Daerah Sakti Alam Siregar SH dan Ketua TBUPP Syaiful Syafri serta Dahrius SH dari Komisi III DPRD Batu Bara.
Keterangan diperoleh, Minggu (26/4/20).

Dalam evaluasi Bupati meminta kepada Kadis Kesehatan drg Wahid Khusyairi dan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Batu Bara dr Jhon Purba untuk mencek petugas medis, obat-obat, peralatan APD yang akan dipergunakan, sarana pendukung penyemprotan disinfektan untuk tim penyemprot dan awak kapal Pasific Jetstar-I, sekaligus untuk ruang isolasi dan karantina di Desa Kuala Gunung.

Sementara itu Kadis Perhubungan Jhonis Marpaung ditugaskan menyiapkan 6 bus yang akan membawa penumpang (warga yang dijemput) dari Tanjung Balai menuju Batu Bara serta satu truk untuk mengangkat peralatan. Untuk Kasatpol PP Rahman Hadi SH diminta bekerjasama dengan Dinas Sosial yang dipimpin Ishak SPd dalam kesiapan dapur umum, baik dalam penjemputan dan selama ke 128 orang itu dikarantina.

Bupati Batu Bara ini juga meminta kepada Asisten I Pemerintahan Rusian Heri SH dan Kabag Pemerintahan Arif Hanafiah SSTP agar mengecek Posko penanganan virus Corona (Covid-19) baik di Lima Puluh dan di Rumah Dinas Tg. Gading.

Sementara itu masing-masing pimpinan OPD juga diingatkan untuk mengambil langkah dan kebijakan dalam mengatasi dampak sosial dan dampak ekonomi sehingga rakyat kita dapat terselamatkan dari masalah-masalah sosial selama belum meredanya virus Corona (Covid-19).

Zahir menegaskan, penjemputan ini juga sudah dilaporkan kepada Gubsu Edy Rahmayadi melalui surat No. 560/2652 tertanggal 24 April 2020 sekaligus memberitahu kepada unsur Forkopimda untuk bisa bersama melakukan penjemputan dengan surat No. 560/2653 tertanggal 24 April 2020 tegasnya.Inc-elmi