Asahan-Intainews.com : Bupati Asahan, H Surya BSc secara resmi membuka pelaksanakan Musyabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 51 dan festival nasyid tingkat Kecamatan Kota Kisaran Barat yang dipusatkan di jalan Kartini Kelurahan Sendang Sari. Kehadiran Bupati Asahan didampingi Ketua TP PKK Asahan, Hj Titiek Sugiarti Surya, para Asisten, 0OPD, Kabag, Selasa (28/1/2020).

Ketua Imtaq Kota Kisaran Barat, Effendi Siagian menyampaikan peserta yang mengikuti MTQ dan festival nasyid Kecamatan Kota Kisaran Barat berasal dari 13 Kelurahan dengan jumlah 187 peserta. Golongan tartil putra/putri 26 peserta, tilawah anak anak 26 peserta, tilawah remaja 26 peserta, tilawah dewasa 17 peserta, hafiz 1 zus 17 peserta, hafiz 5 zus 8 peserta, hafiz 10 zus putra 3 peserta, hafiz 20 zus putri 1 peserta, khotil qur’an naskah 11 peserta, khotil qur’an hiasan mushaf 9 peserta, khotil qur’an dekorasi 8 peserta, syahril 8 group putra putri, fahmil 9 group dan nasyid 18 group.

Camat Kota Kisaran Barat, Agus Jaka Putra Ginting SH mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bupati Asahan pada pembukaan MTQ ke 51 dan festival nasyid tingkat Kecamatan Kota Kisaran Barat tahun 2020. Sebelum pelaksanaan MTQ dan festival nasyid ini telah dilaksanakan MTQ dan festival nasyid tingkat Kelurahan. Setiap pemenang di Kelurahan menjadi peserta di tingkat Kecamatan. Para juara di tingkat Kecamatan akan mewakili Kecamatan di tingkat Kabupaten.

Pada tahun ini peserta yang mengikuti bertambah dari tahun-tahun sebelumnya dan ini merupakan suatu kebanggaan buat kami. Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat Kecamatan Kota Kisaran Barat untuk tidak terprovokasi dengan pemberitaan yang bersifat hoax yang dapat merusak persatuan dan kesatuan kita, apalagi saat ini kita mengetahui bersama bahwa tahun ini adalah tahun politik dalam memilih Bupati dan Wakil Bupati Asahan tanggal 23 September 2020.

“Kami masyarakat Kecamatan Kota Kisaran Barat akan mendukung Bupati Asahan dalam menuntaskan visi misi sampai masa jabatan selesai dan kami mendoakan Bupati Asahan terpilih kembali menjadi Bupati Asahan mendatang”, kata Camat.

Bupati Asahan, H Surya BSc mengatakan atas nama Pemkab Asahan saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyelenggarakan MTQ dan festival nasyid ini, semoga kita dapat menanamkan kesadaran untuk berprilaku sesuai nilai nilai Al-qur’an sekaligus menjaga dan menjamin kemurnian Al-qur’an.

Lebih lanjut, Bupati Asahan mengatakan betapa agungnya nilai nilai keimanan yang terkandung dalam Al-qu’ran. Oleh karena itu, Al-qur’an sebagai kitap suci umat Islam ini selayaknya kita berkewajiban untuk mempelajari dan memahami secara mendalam isi dan makna yang terkandung didalamnya guna diamalkan serta dapat diaplikasikan dalam segala aspek kehidupan dengan sebaik baiknya.

“Nasyid memiliki peran ganda yaitu sebagi wadah berkesenian dan media pencerahan. Nasyid diharapkan sebagai media kesenian akan mampu memenuhi sekaligus memacu kreatifitas masyarakat dan wadah menuangkan inovasi religi yang dapat dinikmati masyarakat. Kita berharap syair-syair yang dilanjutkan berfungsi sebagai sarana dakwah, mengajak masyarakat untuk melaksanakan ajaran agama sekaligus berpartisipasi dalam mensukseskan pembangunan masyarakat di Asahan”, kata Bupati Asahan.

Kepada seluruh kafilah saya ucapkan terima kasih dan kepada para pemenang nantinya janganlah berbangga diri karena harus berjuang lagi di tingkat Kabupaten yang akan dilaksanakan di bulan Februari dan nantinya diharapkan akan lahir duta duta dari Asahan untuk selanjutnya mengikuti MTQ dan festival nasyid di tingkat Provinsi.

Kepada seluruh masyarakat, Bupati Asahan mengingatkan tanggal 23 September 2020 akan diselenggarakan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Asahan. Untuk itu saya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk hadir di Tempat Pemungutan Suara (TPS) masing masing dan gunakan hak suaranya Jangan Golput, kata Surya.Inc-ade.