Medan-Intainews.com | Halaman Masjid Taqwa Kampung Dadap Jalan Mustafa No 1 Medan pada Kamis (5/12/2019) sore tampak berbeda dari biasanya. Puluhan siswa berpakaian hitam biru berada di halaman Masjid tersebut, merupakan para personil Marching Band yang akan menghibur tamu undangan.

Penampilan tersebut merupakan Konser Pamit Marching Band SD Muhammadiyah 02 Medan. Sebab Marching Band SD Muhammadiyah 02 Medan akan mengikuti Kejuaraan Minang Marching Band Competition Ke-8 Tingkat Nasional dan Asia pada tanggal 13-15 Desember mendatang di Universitas Andalas dan Pantai Padang Sumatera Barat.

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution Msi diwakili Kepala Dinas Pariwisata Kota Medan Agus Suryono, bersama Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan Masrul Badri yang hadir pada acara tersebut mengatakan, saat ini, kian banyak kegiatan seni dan olahraga bisa menjadi sebuah karya dan prestasi.

Salah satu contohnya merupakan kegiatan festival marching band seperti saat ini. Lebih lanjut Agus mengungkapkan, didalam marching band, jika satu nada saja salah bisa berakibat pada sumbangnya lagu yang dimainkan. Jika satu langkah saja salah, bisa berakibat kesatuan gerak seluruh tim menjadi berantakan.

“Agar nada dan langkah bisa harmonis, maka setiap anggota tim harus bisa mengurangi ego pribadinya dan bergerak bersama dalam satu kesatuan yang kompak. Ternyata, tanpa kita sadari, marching band turut mengajarkan kita tentang pentingnya satu hati dalam menjaga persatuan dan kesatuan demi mencapai satu tujuan yang sama,” kata Agus.

Maka dari itu Agus berharap, dengan adanya Kejuaraan Minang Marching Band Competition Ke-8 Tingkat Nasional dan Asia kali ini, akan mampu membangkitkan  semangat generasi muda Sumatera Utara dalam meraih prestasi, baik di level lokal, nasional hingga level internasional. Impian ini akan bisa diwujudkan melalui kerja keras tak kenal lelah dan kerjasama tim yang solid.

“Saya tentunya berharap, para siswa yang mengikuti lomba Marching Band ini nantinya dapat berjuang mengharumkan nama sumut serta Kota Medan khususnya SD Muhammadiyah 02 Medan dengan meraih juara pertama,” harapnya.

Dikesempatan itu Agus juga mengingatkan bahwa kalah dan menang dalam sebuah kompetisi adalah hal yang biasa, termasuk dalam kejuaraan marching band kali ini. Bila nanti berhasil menang, jangan menjadi jumawa dan jangan cepat berpuas diri atas prestasi yang telah mampu diraih. Namun jika belum berhasil menang, tetaplah tingkatkan kemampuan, karena suatu saat nanti akan tiba masanya kesuksesan kalian raih.

“Ini hanya sekedar kompetisi kalah ataupun menang itu merupakan hal biasa. Tetapi kalian tetap harus mengerahkan seluruh kemampuan kalian saat kompetisi tunjukkan hasil dari latihan dan kerjasama kalian selama ini dengan berlatih sekuat tenaga dalam mengasah disiplin dan kekompakan bersama tim satu kelompok kalian,” pungkasnya. *inc-mgl