Ketua Umum MABMI Sumut Datok Sri H Syamsul Arifin, SE, [kanan] melantik Dr H Hayatsyah, MPd i Ketua MABMI Asahan

Kisaran-Intainews.com:Ketua Umum Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia [MABMI] Provinsi Sumatera Utara Datok Sri H Syamsul Arifin, SE, melantik Dr H Hayatsyah, MPd menjadi Ketua MABMI Asahan periode 2019- 2023, Rabu 29 Oktober 2019.

Acara pelantikan digelar di pendopo perumah dinas Bupati Asahan. Ketua MABMI Asahan terpilih Dr H Hayat Syah, MPd menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Asahan, Ketua DPRD, Kapolres Asahan, Dandim 0208 Asahan, pengurus MABMI dan pengurus etnis lainnya.

“Dengan pelantikan ini mudah-mudahan menjadikan Asahan yang religius, sehat, cerdas dan sejahtera. Mari kita bergandengan tangan untuk menjadikan MABMi Asahan semakin jaya ke depan dalam membangun asahan lima tahun ke depan,” ujar Hayat Syah.

Sementara Datok Sri H Syamsul Arifin, SE, mengucapkan terima kasih kepada Ketua MABMI Asahan yang baru dilantik, Ketua MABMI Kabupaten Batubara, Tanjungbalai dan Kabupaten Labura.

Di hadapan seluruh pengurus MABMI Asahan, Syamsul Arifin berharap agar pak H Surya kembali memimpin Asahan lima tahun ke depan untuk mewujudkan visi dan misi Pemerintah Kabulaten Asahan.

“Kepada pengurus baru bekerjasamalah dengan pemerintah daerah untuk mewujudkan MABMI Asahan semakin jaya. Oleh karena itu Syamsul Arifin berharap kepada pengurus yang baru dilantik jadikanlah MABMI Asahan Ibarat pepatah, berat sama dipikul ringan sama dijinjing,” harap yamsul yang mantan Gubernur Sumarera Utara.

Bupati Asahan H Surya, BSc, juga mengucapakan selamat atas pelantikan pengurus PD MABMI Kabupaten Asahan. Semoga PD MABMI yang baru dilantik dapat membantu Pemerintah dalam memajukan kebudayaan di Asahan sebagaimana amanat Unfang-undang nomor 5 tahun 2017.

“Selain itu pemajauan kebudayaan adalah merupakan tanggungjawab bersama oleh Pemerintah maupun masyarakat secara pribadi maupun kelompok,” kata Surya. Untuk mewujudkan tercapainya tujuan pemajuan kebudayaan, khususnya budaya Melayu MABMI diharapkan dapat memainkan perannya. *Inc-10