ebagian para penyair wanita dan pria yang hadir di HPI foto bersama

Dihadiri Presiden Penyair Indonesia Sutardji Calzoum Bachri, para penyair Indonesia, juga dari Malaysia dan Vietnam.

Pekanbaru-Intainews.com;Seratus lebih sastrawan dan penyair nusantara berkumpul di Riau untuk mengikuti berbagai rangkaian kegiatan Hari Puisi Indonesia [HPI] yang dimulai Jumat 4 Oktober hingga Minggu 6 Oktober 2019.

Pada hari pertama PHI Presiden Penyair Indonesia Sutardji Calzoum Bachri bersama para peserta HPI menghadiri acara Peresmian Perpustakaan SMA Asshofa yang diberi nama Perpustakaan SCB. Dalam acara dialog turut hadir Pimpinan Yayasan Asshofa, Dr Shafwi Halil dan para guru dan siswa.

Para penyair yang hadir tersebut antara lain, Presiden Penyair Indonesia Sutardji  Calzoum Bachri [Jakarta], para penyair mancanegara seperti Dr Malim Gozali, PK [Malaysia], Mohammad Rosli Bakir [Malaysia], Hamzah Hamdan [Malaysia], Nik Mansour Nik Halim [Vietnam] dan Y Nidi Nie [Vietnam].

Sedangkan dari berbagai daerah di Indonesia turut hadir Rini Intama [Banten], Ihsan Subhan [Jawa Barat], Ujang Saepuddin [Bogor], Suyadi San, Ubaidillah Al Ansori [Medan], Muchid Albintani [Kepulauan Riau],

Berikut Muhammad Ibrahim Ilyas [Padang], Abinya Unar [Palembang], Syarifuddin Arifin, Muhammad Subhan, Dr Hermawan An, Dr Endut Ahadiat, Arbi Tanjung, Denni Melizon [Sumbar], Tantawi Panggabean [Padangsidimpuan Sumut] dan masih banyak lainnya.

Puncak perayaan HPI se-Indonesia 17-18 Oktober

Perayaan HPI tahun ini mengusung tema ‘Dari Puisi Untuk Dunia’’ yang diwarnai kegiatan seperti penyair masuk sekolah, peluncuran buku, dialog sastra dan budaya serta kenduri budaya. Seluruh kegiatan dilaksanakan di Pekanbaru kecuali kenduri budaya yang dilaksanakan di Kampar.

“Jika tidak ada dukungan dari banyak pihak baik pemerintah maupun mitra Rumah Sunting, tim kurator serta seluruh penyair yang hadir, kegiatan ini tidak bisa terlaksana. Semua penyair datang dengan sukarela dan kami menyambutnya dengan sederhana. Apapun itu, inilah semangat bersastra yang terus mengalir hingga hari ini. Puisi akan terus dirayakan di Indonesia dan juga Riau tempat hari ini dilahirkan,” kata Kunnimasrohanti

Menurut Ketua penyelenggara Kunnimasrohanti, perayaan HPI tahun ini memasuki tahun ke tujuh sejak dideklarasikan lebih dari 42 penyair di seluruh Indonesia pada akhir tahun 2012 silam. Puncak perayaan HPI seluruh Indonesia sendir akan dilaksanakan pada 17-18 Oktober mendatang di Jakarta. *Inc-16