Sekdaprovsu Sabrina [kanan], berpakai adat

Dairi-Intainews.com:Pesta Budaya Njuah-Njuah Dairi 2019, di Lapangan Stadion Panji, Sidikalang, Kabupaten Dairi, Senin 30 September 209/9), berlangsung semarak dan meriah. Ribuan orang ikut dalam kirab seni budaya menampilkan kekayaan alam dan pertanian dari masing-masing kecamatan, serta penampilan seni kontemporer dari para pekerja seni.

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara [Pemprovsu], Sabrina mewakili Gubernur Sumut Edy Rahmayadi ketika membuka pesta budaya tersebut menyampaikan pesan Gubernur, agar para seniman dan budayawan menjaga generasi muda untuk melestarikan adat budaya Pakpak.

Menurutnya, kekayaan beragam budaya yang tercermin dalam wujud nilai seni budaya, kesenian yang tersebar luas perlu ditingkatkan. Karena itu para seniman dan budayawan perlu meningkatkan keterpaduan langkah guna membina jati diri dan karakter bangsa.

Pembukaan ditandai pemukulan gong, pelepasan balon ke udara dan penghormatan secara adat kepada Sekdaprovsu Sabrina sebagai tamu kehormatan. Sekdaprov juga menyempatkan mengunjungi pameran UKM sebelum beranjak.

Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan apresiasi atas kehadiran para undangan dan tamu kehormatan. Sehingga kegiatan tersebut berlangsung semarak dan penuh persaudaraan. Meskipun diakuinya, hujan deras dan udara dingin sempat menyelimuti lokasi acara.

Acara pesta budaya sendiri katanya, berlangsung mulai 30 September hingga 3 Oktober 2019. Dirangkai dengan hari jadi Kabupaten Dairi 1 Oktober 2019. Bupati berpesan kepada masyarakat untuk meningkatkan penggalian dan pengembangan budaya Pakpak. Menurutnya, Dairi perlu menuturkan sejarah budaya kepada dunia.
*Inc-03