Gunungsitoli-Intainews.com:Untuk mendukung pelaksanaan Sail Nias 2019, Pemerintah Kota Gunungsitoli menggelar festival kukiner khas Nias. Festival yang diikuti para pelaku usaha kuliner di Kota Gunungsitoli dilaksanakan di taman ya,ahowu, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, Jumat 13 September 2019.

Wakil Walikota Gunungsitoli Sowa,a Laoli saat membuka festival kuliner khas Nias mengatakan tujuan festival adalah Untuk meningkatkan ekonomi wisata kuliner.
Festival kuliner khas Nias juga bagian kegiatan Sail Nias, yang sebelumnya di Kota Gunungsitoli telah digelar festival kopi nusantara.

“Event ini kesempatan bagi kita untuk mengenalkan wisata kuliner di Kota Gunungsitoli, dan potensi yang kita miliki yakni kuliner khas Nias,” ujarnya. Selain untuk mengangkat kembali kukiner khas Nias, festival tersebut juga untuk meningkatkan ekonomi wisata kuliner dan menjadi etalase untuk mengenalkan kuliner leluhur Nias di mata dunia.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh unsur yang ikut terlibat, baik
tokoh budaya, pelaku usaha dan semua masyarakat yang bersama sama sejak pelaksanaan forum diskusi publik dan sharing publik kuliner khas Nias,” ucapnya.

Para peserta festival diminta memberi pelayanan, cita rasa dan kesan yang baik kepada tamu yang datang, karena festival kuliner khas Nias diharapkan menjadi daya tarik untuk pengembangan wisata ke depan. “Kita berharap kelompok yang mengikuti festival kuliner hari pada ini untuk terus mengembangkan diri,” harapnya.

Dari panitia diketahui jika kuliner khas Nias ada 156 item, tetapi yang diperlombakan pada festival kukiner khas Nias hanya beberapa item. Juri terdiri dari Ketua Dekranasda, tokoh budaya, Kadis Kesehatan, Guru SMK ahli tata boga, chef dan ahli gizi yang ada di Kota Gunungsitoli.

Kuliner khas Nias yang diperlombakan adalah jenis Buso Buso, jenis lauk pauk dan sayur. Peserta lomba kuliner khas Nias jenis buso buso berjumlah 9 kelompok, lauk pauk berjumlah 19 kelompok dan jenis sayur berjumlah 5 kelompok. *Inc-12