No.75

Di hati Ana suaminya pria luarbiasa, di hati Ustadz Daham Zuliana adalah wanita luarbiasa dan segalanya.

Intainews.com:“Na, Abang waswas, kadang takut dan cemas kalau Ana meninggalkan Abang. Abang sangat menyukai dan menyayangi Ana, inilah kejujuran Abang yang sebenarnya berat untuk mengatakannya..” Mendengar itu Ana tersentak dan menjadi amat gembira, dia tidak menyangka kalau untuk mengatakan itu memerlukan usaha menjelaskan tentang kejujuran yang sangat dalam. Ana masih memeluk suaminya seakan tak ingin melepaskan sampai kiamat.

Tetapi apakah ia juga dituntut jujur sebagaimana yang dilakukan suaminya. Baru saja terlintas di pikirannya begitu suaminya mengatakan.

“Bagaimana dengan Ana?”

Zuliana hanya mengangguk, bibirnya seperti tidak sanggup untuk mengatakannya, karena tidaklah mungkin ia jujur mengatakan pernah hidup bersama lelaki tiga tahun lamanya tanpa menikah.

“Tidak apa, kalau Ana tidak mau menyebutkan, Abang tahu apa yang ada di hati Ana.”

“Ia Bang, tidak ada yang bisa memisahkkan kita, kecuali maut,” begitu kata Ana jujur, sekalipun batinnya masih meragukan. Kalau sampai suaminya tahu dia pernah hidup bersama seorang lelaki tidak menikah, apakah suaminya masih tetap mencintainya?

“Kejujuran menjadi salah satu modal dasar kesuksesan Rasulullah Saw, dalam salah satu hadisnya, Rasulullah Saw bersabda, hendaklah kalian berlaku jujur, karena kejujuran itu membawa kepada kebaikan yang membawa seseorang ke surga’ (HR Muslim),” begitu tegas suaminya sambil membelai-belai rambut istrinya yang hitam lebat. Ana merasakan belaian kasih sayang suaminya yang begitu mesra.

Malam merangkak semakin larut, kamar menjadi sepi dan hening saat suaminya mematikan televisi. Mereka hanyut dalam larutnya malam saling berpegangan tangan yang perlahan-lahan sama-sama mengundang gelora. Suasana terus mendorong keduanya untuk berlari di awang-awang dengan penuh keikhlasan, kegembiraan, kenikmatan dan kelezatan bersama-sama mereguknya.

Segalanya menjadi indah, penuh mimpi-mimpi yang tak ingin lekas berakhir, mimpi untuk lebih jauh berjalan memperlambat datangnya fajar. Di hati Ana suaminya pria luarbiasa, di hati Ustadz Daham Zuliana adalah wanita luarbiasa dan segalanya. Sekalipun ajaran agama mengingatkan jangan mencintai berlebihan. Tetapi untuk tidur bersama dia harus berjujur, wanita ini yang terbaik ditunjukkan Allah untuk dirinya melalui Bunda. Sampailah pada satu titik dari perjalanan panjang, Ana dan suaminya tertidur pulas. * Bersambung