Wabup Asahan, Surya foto bersama di arena fastival nasyid

Kisaran-Intainews.com:Bupati Asahan, H Taufan Gama Simatupang dalam pidato yang dibacakan Wakil Bupati (Wabup) Asahan, Sumatera Utara H Surya BSc mengatakan festival nasyid merupakan sarana untuk meningkatkan pembinaan kesenian dan kebudayaan bernuansa islami. Syair dan liriknya mengandung nilai nilai moral religius dan edukatif.

Festival nasyid tingkat Kabupaten Asahan 2019, yang digelar Rabu 27 hingga 30 Maret Maret 2019 malam, merupakan sentuhan kata dalam syair mampu menggugah hati pendengarnya. Berpengaruh positif untuk melakukan perbaikan sikap dan menolak budaya yang menyimpang dan tidak sesuai ajaran Islam.

“Pelaksanaan festival nasyid ini merupakan arena untuk mengetahui sejauh mana hasil pembinaan yang telah dilakukan dari masing-masing tingkatan. Juara bukanlah tujuan akhir, namun bagaimana festival nasyid dapat berkembang luas dan dicintai di tengah tengah masyarakat dan jadikanlah sebagai gaya hidup,” ujar Surya.

Festival nasyid yang digelar dari di lapangan bola kaki PT Socfindo dusun VI desa Aek Loba Kecamatan Aek Kuasan diikuti 49 grup yang berasal dari 25 Kecamatan yakni 24 grup putra dan 25 grup putri. Dilengkapi pemondokan dewan juri/kafilah, posko keamanan, posko kesehatan dan sarana mck.

Selain Wabup pembukaan festival nasyid dihadiri Forkopimda, Sekda, Staf Ahli, Asisten, OPD, PT Socfindo Aek Loba, camat, TP PKK, Ketua MUI, Ketua Imtaq, Kakan Kemenag dan Masyarakat. Sebelumnya Kabag Kesra, Sunardi S.Sos menyebutkan festival nasyid merupakan program pemerintah dilaksanakan setiap tahun secara berjenjang dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten, provinsi hingga Nasional. *Inc-10